Sabtu, 3 Januari 2015 – 13:02 WITA Telah dibaca 1283 kali

Liburan Usai, Orangtua Harus Siapkan Semangat Belajar Anak

Liburan Usai, Orangtua Harus Siapkan Semangat Belajar Anak

SUARAMANADO, Pendidikan: Umumnya anak-anak sangat bersemangat ketika memasuki masa liburan. Namun, ketika liburan berakhir, mereka akan bersikap sebaliknya.

Agar anak menyambut masa sekolah dengan senang, orangtua harus berperan. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menyiapkan mental anak dalam menghadapi masa liburan yang segera habis.

"Sisa liburan anak-anak lebih baik diarahkan untuk menyiapkan perlengkapan sekolah. Jadi, mereka secara mental sudah siap jika liburan berakhir dan kembali bersekolah. Caranya bisa dengan mengajak mereka menyiapkan perlengkapan sekolah, secara otomatis mental si anak akan terbangun", kata Roslina Verauli, M. Psi, psikolog anak, kepada Okezone melalui sambungan telefon, belum lama ini.

Untuk menyiapkan perlengkapan sekolah, tidak ada salahnya mengajak anak ke toko buku dan membeli beberapa peralatan sekolah yang mereka senangi. dengan demikian, mereka jadi bersemangat menghadapi masa sekolah.

"Misalnya, ada agenda atau buku catatan yang lucu-lucu, bisa dijadikan cara anak-anak mengatur kembali perlengkapannya untuk sekolah dan siap kembali bersekolah. Meski begitu memang tidak harus baru, yang penting sebagai petunjuk saja kepada anak agar mentalnya siap", pungkasnya.