Selasa, 25 Februari 2014 – 02:39 WITA Telah dibaca 695 kali

Lulus S1, Langsung Kerja Atau Lanjut S2 Ya?

Kerja atau Kuliah

SUARAMANADO, Nasional: Bingung deh, habis lulus S1 sebaiknya langsung ambil S2 atau langsung kerja dulu ya? Itu semua tergantung dari keinginan masing-masing setiap orang.


Menurut Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF) Irene Guntur, M.Psi., Psi., CGA, itu semua tergantung dari orientasinya. Misalnya, apabila kuliah S1 dan lulus langsung melanjutkan kuliah S2, ketika lulus dari program S2 justru malah susah mencari pekerjaan karena tidak ada pengalaman.

"Sebisa mungkin walaupun mau melanjutkan kuliah S2, setidaknya sambil magang atau kerja paruh waktu atau biasa disebut part time. Seperti kerjapart time di hari libur, jadi bisa sambil kuliah", ujarnya saat dihubungiOkezone, Selasa (25/2/2014).

Irene menambahkan, jika mencari lowongan kerja tidak harus bergelar S2. Apalagi jika kalian tidak ada pengalaman kerja sama sekali, karena perusahaan menginginkan mereka yang berpengalaman kerja atau mempunyai keahlian di bidangnya.

"Banyak perusahaan memberikan beasiswa S2 kepada karyawannya untuk meningkatkan skill, tapi skill tersebut bisa meningkatkan orang tersebut atau tidak", ucapnya.

Irene menyarankan, bagi kalian yang memutuskan untuk kuliah S2, bisa sembari bekerja. Contohnya ketika kuliah S2 dengan jurusan Psikologi Pendidikan. Pada waktu pagi bekerja sebagai guru, sedangkan sorenya kuliah.

"Ketika di pagi hari bekerja, mendapatkan teori yang sesuai dengan jurusannya. Sorenya ketika kuliah, ilmu yang didapat dari mengajar itu bisa diterapkan di kampus", ungkapnya. (ade)