Kamis, 29 Juni 2017 – 20:43 WITA Telah dibaca 571 kali

Kebun Raya Bogor Ditutup Hari Ini

Pemandangan Kebun Raya Bogor

SUARAMANADO, Nasional: Operasional Kebun Raya Bogor pada hari ini, Jumat (30/6), ditutup karena adanya kunjungan Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama yang akan dijamu oleh Presiden Joko Widodo di Green Garden Cafe dalam Kebun Raya Bogor. "Saya baru mendapat pemberitahuan dari Komandan Pasukan Keamanan Presiden agar Kebun Raya Bogor ditutup hari ini", kata Upun Punijar, Petugas Pengawas Pelayanan Jasa Kebun Raya Bogor.

Sebelumnya, Kamis (29/6), pihak Kebun Raya Bogor menginformasikan operasional tetap dibuka untuk umum, mengingat momen libur Lebaran 2017. Hal tersebut juga sudah dinegosiasikan dengan Pasukan Pengamanan Presiden tingkat bawah.

Namun, pagi ini sesuai instruksi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden, Kebun Raya Bogor ditutup untuk umum atas pertimbangan keamanan dan standar operasi prosedur pengamanan tamu negara. Atas pertimbangan tersebut, pengelola Kebun Raya Bogor meminta maaf kepada masyarakat yang tidak bisa berlibur di Kebun Raya hari ini.

"Saya baru datang pukul 07.00 WIB di Kebun Raya, langsung mendapatkan instruksi untuk menutup kebun raya satu hari ini, Kebun Raya tidak bisa apa-apa, mohon maaf untuk masyarakat", kata Upun.

Menurut Upun, pagi ini belum ada pengunjung yang datang karena kebetulan pagi hari turun hujan. Sedangkan, agenda Obama di Kebun Raya dijadwalkan berlangsung sekitar pukul 15.00 WIB.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyatakan tidak ada penyambutan khusus yang melibatkan pelajar atas kedatangan mantan Presiden Barack Obama beserta keluarga ke Istana Bogor. "Tapi kami fokus pada kelancaran lalu lintas dan kebersihan Kota Bogor", kata Bima.

Menurut Bima, rombongan Obama akan masuk ke Istana Bogor melalui pintu tiga, dan akan melintasi sistem satu arah (SSA), sehingga perlu memastikan arus lalu lintas tetap lancar.

Mantan Presiden AS Barack Obama dan keluarga rencananya tiba di Istana Bogor pukul 15.40 WIB, berangkat dari Jakarta. Rencananya Presiden Joko Widodo akan menjamu Obama dan keluarganya di Green Garden Cafe yang berada di dalam Kebun Raya Bogor.

Obama dan keluarga mengisi liburan keluarga di Indonesia dengan mengunjungi sejumlah destinasi wisata, seperti Bali, Yogyakarta, melihat Candi Borobodur dan Prambanan di Jawa Tengah, Jakarta dan Istana Bogor.

Obama telah berada di Indonesia sejak Jumat (23/6) langsung menuju Bali. Ia berlibur bersama istrinya Michelle Obama, dan kedua putrinya Malia serta Natasha.