Senin, 21 Agustus 2017 – 21:17 WITA Telah dibaca 130 kali

Ganti Rugi Uang Korban First Travel Bukan Kewajiban Pemerintah

Mahfud MD

SUARAMANADO, Nasional: Puluhan ribu jemaah umrah First Travel menuntut uang mereka dikembalikan. Namun, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai Pemerintah tak berkewajiban mengganti uang jemaah yang menjadi korban penipuan First Travel.

"Saya kira kalau ditanggung pemerintah tidak benar juga itu kan keperdataan", kata Mahfud saat ditemui dalam sebuah acara di Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin 21 Agustus 2017.

Mahfud mengatakan, tugas pemerintah hanyalah mengusahakan agar uang para jamaah kembali melalui aset-aset milik First Travel yang disita kepolisian. Kewajiban pembayaran, kata dia, hukumnya tetap dialamatkan kepada First Travel.

"Kalaupun itu berbelok ke pidana itu perusahaan dan perorangan. Pemerintah harus mengusahakan agar uang itu kembali gitu aja", ujar Mahfud.

Mahfud mengibaratkan sejak tahun 2013, First Travel layaknya orang sedang meniup balon yang tak pernah berhenti namun akhirnya meledak. "Dana dikumpulkan terus sementara tidak tertampung kan", tutur dia.

Sebelumnya, Bareskrim Polri menangkap pemilik penyedia jasa umrah First Travel atas nama Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan. Suami-istri itu ditangkap karena diduga menipu calon jemaah umrah.

Penangkapan direktur umum dan direktur First Travel itu dilakukan setelah Bareskrim memeriksa 11 saksi yang terdiri dari agen dan calon jemaah.

Kedua tersangka ditangkap di kompleks perkantoran Kementerian Agama RI pada Rabu 8 Agustus 2017 pukul 14.00 WIB. Keduanya dijerat Pasal 55 jo Pasal 378 dan Pasal 372 KUHP, serta UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Jemaah umrah melaporkan Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan sebagai pemilik First Travel ke Bareskrim pada Jumat 4 Agustus 2017. Mereka mengaku kecewa karena First Travel tak kunjung memastikan tanggal keberangkatan ke Tanah Suci. Padahal, mereka telah melunasi pembayaran perjalanan ibadah umrah ke First Travel sejak 2015.