Kamis, 20 Juli 2017 – 21:49 WITA Telah dibaca 240 kali

Keluarga Bersyukur Yosia Yang Hilang Misterius di Tokyo Ditemukan

Yosia Trifosa Siregar

SUARAMANADO, Nasional: Yosia Trifosa Siregar (24) WNI yang hilang di Jepang telah ditemukan kepolisian setempat. Pihak keluarga bersyukur Yosia telah ditemukan.

"Kalau sudah bertemu sebenarnya syukurlah puji tuhan", ujar kakak Yosia, Dora, ketika dihubungi detikcom, Kamis (20/7/2017) malam.

Dora mengaku mengetahui kabar Yosia telah ditemukan dari pemberitaan media. Menurut Dora, ayahnya saat ini berada di Jepang.

"Aku di Indonesia, ayah sama adikku kan di KBRI Jepang, mereka tidak memberi tahu detail sampai ketemu muka, aku sih positif saja kalau ternyata sudah ketemu", ucapnya.

Dora belum mengetahui lebih jauh bagaimana Yosia ditemukan. Pihak keluarga belum bertemu secara langsung dengan Yosia yang sedang menempuh sekolah bahasa di Jepang.

"Aku juga nggak tahu persis, aku tahunya dari berita. Belum ada omongan resmi dari sana (KBRI) ke keluarga", uajrnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Kemlu Arrmanatha Nasir (Tata) mengatakan Kedutaan Besar RI di Tokyo, Jepang menerima informasi bahwa Yosia Trifosa Siregar (24) ditemukan dari Kepolisian Jepang. Namun, pihak KBRI masih menunggu izin dari pihak kepolisian untuk bisa menemui Yosia.

Tata menyatakan hal itu karena Kepolisian Jepang masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut atas kasus hilangnya Yosia di Tokyo. Yosia diketahui hilang pada Sabtu (15/7) lalu.

"Kepolisian Jepang masih perlu penanganan lebih lanjut. Jadi sesuai dengan SOP di Jepang, yang bersangkutan belum bisa diserahkan ke KBRI", jelasnya.

Namun demikian, Tata memastikan Yosia akan segera kembali ke tanah air. Yosia diketahui tinggal bersama keluarga di Bekasi, Jawa Barat.

Yosia dikabarkan hilang oleh pihak keluarga saat hendak kembali ke Indonesia. Setelah proses pencarian selama 5 hari, akhirnya Yosia ditemukan di Osaki, Jepang dalam keadaan sehat.