Kamis, 20 Maret 2014 – 12:08 WITA Telah dibaca 608 kali

MK Putuskan Uji Materi UU Pilpres Hari Ini

Yusril I. Mahendra

SUARAMANADO, Nasional: Ketua Dewan Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) mengajukan uji materi tentang UU Pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sidang pembacaan putusan atas uji materi itu akan digelar hari ini.


Dalam jadwal yang tercantum di situs resmi MK, www.mahkamahkonstitusi.go.id, yang dilihat detikcom, Kamis (20/3/2014), sidang akan digelar pukul 15.30 WIB sore ini. Seperti diketahui Yusril mengajukan pengujian UU No. 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden untuk Pasal 3 ayat (4), Pasal 9, Pasal 14 ayat (2), dan Pasal 112.

"Saya ingin menguji pasal per pasal dari UU Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden itu yang dianut dengan sistem yang dianut UUD 1945", kata Yusril saat mendatangi Gedung MK di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (13/12) akhir tahun lalu.

Yusril berharap MK membatalkan Presidential Threshold (PT) yang diatur di UU Pilpres, yang menurutnya bertentangan dengan UUD 1945. Jika nantinya ini dibatalkan MK, maka parpol akan lebih banyak pasangan capres dan cawapres yang bertarung di Pilpres 2014.

Saat ini UU Pilpres mengatur pasangan capres dan cawapres hanya bisa diajukan parpol, dan atau gabungan parpol, yang memperoleh 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara nasional. Jika uji materi yang diajukan Yusril dikabulkan MK, maka syarat itu gugur dan semua parpol peserta pemilu bisa mengajukan pasangan capres cawapres.