Jumat, 19 Oktober 2012 – 15:53 WITA Telah dibaca 1113 kali

Permodalan Koperasi & UMKM Dipermudah Lewat LPDB

Ir. Halomoan Tamba MBA, (Batik Biru), Direktur Pengembangan Usaha LPDB Kemenkop & UMKM

Kementria Koperasi dan UKM mengalihkan Pengelolaan Dana Bergulir yang awalnya berada dalam kewenangan Kementrian Koperasi dan UKM kepada Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir dalam rangka mempermudah akses permodalan bagi Koperasi dan UKM.

Berdasarkan PMK No. 99/PMK,05/20008, Pasal 4, Tentang Pengelolaan Dana Bergulir pada Kementrian Negara / Lembaga, maka bantuan perkuatan kepada koperasi yang selama ini telah diberikan oleh Kementrian Koperasi & UKM, kini dialihkan kepada LPDB-KUMKM.

Mekanisme pengalihan dana bergulir tersebut diatur dengan keputusan Mentri Koperasi dan UKM yang dikelurkan tahun 2009,hingga Agustus 2012 baru dapat dialihkan sebesar Rp. 591.557.636305,-.Untuk mengoptimalkan pengalihan dana bergulir dimaksud maka, atas kerja sama LPDB-KUMKM dan Deputy pelaksana program mengadakan desiminasi pengalihan dan validasi data dana bergulir.

Desiminasi Pengalihan dan Validasi Data Dana Bergulir tahun 2012, yang dipustkan di Kota Manado, meliputi Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat yang dihadiri oleh masing-masing instansi / dinas terkait Koperasi & UKM, berlangsung dari Tangggal 18 s/d 19 Oktober 2012 di Hotel Aston.

Ir. Malomoan Tamba, MBA. Selaku Direktur Pengembangan Usaha Lembaga pengelolaan Dana Bergulir Koperasi & Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kementrian Koperasi & UKM, menjelaskan, Tujuan kegiatan ini untuk mendapatkan data dana bergulir program Kementrian Koperasi & UKM TA. 2000 – 2007.

Selain itu untuk mendapatkan data dana bergulir yang belum disalurkan oleh bank pelaksana program ke koperasi.Jika ada sisa dana yang belum disalurkan, makapihak perbankan segera mengalihkan dana tersebut ke rekening Dana Bergulir LPDB-KUMKM.

Hadirnya LPDB-KUMKM, menurut Malomoan, akan permudah Koperasi dan UKM non koperasi dalam mengases pendanaan bagi modal kerja.Berbagaipersyaratan perbankan untuk memperoleh pinjaman, tidak berlaku di LPDB.Sumua proses akan disederhanakan dan dipermudah bagai pemohon dana yang telah memenuhi persyaratan perkoperasian & UKM.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Kopersi & UKM Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Maurits Berhandus, dihadiri utusan kepala-kepala dinas Koperasi & UKM Kabupaten /Kota yang ada di 7 Provinsi yang masuk dalam pembagian wilayah 3 pelaksanaan Desiminasi Pengalihan dan Validasi Data Dana Bergulir tahun 20012..(Jansen)