Minggu, 14 Juli 2013 – 12:25 WITA Telah dibaca 1320 kali

Kagumi Ikan dan Sayuran Lokal

Turis: Makanan Minahasa Enak

SUARAMANADO-Minahasa: di saat sebagian Minahasa merayakan Thanks Giving Day, kabar menggembirakan datang dari beberapa turis yang mengakui bahwa makanan kampung (tradisional Minahasa-red) itu enak.

Heidi, turis asal Amerika Serikat kepada SUARAMANADO mengatakan berulang-ulang bahwa makanan kampung Minahasa itu enak. "Makanan kampung (Minahasa-red) itu enak", ujarnya berkali-kali di salah satu restoran di perbatasan Minahasa-Manado. Heidi yang memiliki usaha catering di Amerika Serikat ini menyebutkan bahwa ikan bakar berikut sayur paku tumis dan bunga pepaya sangat enak dan memiliki ciri khas. Menurut wanita yang juga telah menjelajah Eropa ini, ciri khas makanan Minahasa ada pada bahan bakunya yang enak serta bumbu yang memiliki karakteristik khusus.

Hal senada diungkapkan seorang turis domestik, Irma Estiningtyas, saat ditemui di sela-sela ulang tahun Avrist ke-38 beberapa waktu yang lalu. Wanita karir muda yang ayu ini mengatakan bahwa dabu-dabu roa, perkedel nike dan tinutuan. "Begitu tiba langsung diajak makan (tinutuan-red)", ungkapnya.

Beberapa tanggapan ini nampaknya semakin mengukuhkan kota Manado sebagai kota wisata makanan. Namun begitu, ada hal yang tidak mengenakkan yang diungkapkan menyangkut poenyajian menu restoran besar yang menyediakan paket-paket acara pernikahan. "Makanannya disajikan asal jadi. Kalau hal ini terjadi di Amerika, costumer akan keberatan", ujarnya menanggapi sajian makanan paket pernikahan