Senin, 13 Agustus 2012 – 09:33 WITA Telah dibaca 597 kali

Gubernur Resmikan GMAHK Eris

Gubernur SULUT, Dr. SH Sarundajang didampingi Ketua GMAHK Uni Konfrens Indonesia Kawasan Timur, Pdt. Noldy Sakul, MA.

Gubernur Sulawesi Utara, Dr. Sinyo Harry Sarundajang meresmikan Gedung Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Jemaat Eris, Jumat (10/8). Jemaat GMAHK Eris yang berdiri sejak tahun 1949 saat ini memiliki Gedung Gereja yang megah yang dibangun selama kurang lebih 12 tahun.

Dari laporan panitia pelaksana terungkap bahwa pembangunan gedung gereja ini menelan biaya kurang lebih 2,8 milyar rupiah yang diperoleh melalui swadaya jemaat serta berbagai bantuan termasuk dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.


Dalam sambutannya Gubernur mengajak gereja untuk tidak hanya fokus pada peribadatan semata-mata. "Gereja harus mengambil peran dalam peningkatan taraf hidup dan tingkat perekonomian jemaat yang juga adalah masyarakat. Gereja dan organisasi keagamaan lainnya diminta untuk membentuk kelompok-kelompok profesi yang sesuai dengan potensi daerah masing-masing".

Menurut gubernur, pemerintah akan membantu pengembangan kelompok-kelompok ini baik melalui pemberian alat, pupuk, alat tangkap ikan dan bahkan permodalan melalui fasilitas kredit yang tersedia. Bantuan-bantuan tersebut hanya dapat disalurkan melalui kelompok-kelompok profesi, tidak dapat diberikan kepada perorangan agar dapat dikelola untuk meningkatkan taraf hidup bersama.

Setelah meresmikan bangunan gereja ini, Gubernur juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Ruang Serba Guna yang akan dibangun tepat di belakang bangunan gereja baru ini. Setelah itu Gubernur mengikuti Ibadah yang dipimpin oleh Ketua Konferance Indonesia Timur Pdt. Noldy Sakul, M.Th.