Minggu, 26 Mei 2013 – 14:45 WITA Telah dibaca 900 kali

PKPI Minahasa Daftarkan 40% Bacaleg Perempuan

SUARAMANADO, Tondano: Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Minahasa pekan kemarin telah resmi mendaftarkan 35 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke KPUD Minahasa. Berkas Bacaleg diantar langsung oleh Ketua DPK PKPI Minahasa, Bart Y.K. Senduk didampingi Sekretaris DPK PKPI Minahasa, Ferdinand Didi Rau dan Ketua Bappilu PKPI Minahasa, Stanly F. Mewengkang, beserta jajaran pengurus lainnya yang dikawal langsung para Bacaleg. Menariknya, dari seluruh Parpol peserta Pemilu 2014, PKPI Minahasa memasukkan daftar Bacaleg yang memprioritaskan 40% keterwakilan perempuan, dengan jumlah 15 orang. Bahkan dari 100% atau 35 Bacaleg di empat daerah pemilihan (dapil) yang didaftarkan, ada 2 dapil yang menempatkan perempuan sebagai Bacaleg nomor urut satu. Tak hanya itu, dari seluruh bacaleg yang dimasukkan, terdaftar pula bacaleg paling muda yang menempati nomor urut satu adalah figur perempuan, yakni berusia 27 tahun.

"Bacaleg 35 orang yang kami daftarkan, semuanya telah melalui hasil seleksi secara demokratis dan terbuka, sesuai dengan mekanisme internal partai", kata Ketua DPK PKPI Minahasa, Bart Y.K. Senduk melalui Ketua Bappilu PKPI Minahasa, Stanly F. Mewengkang, saat konferensi pers di kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa.

Lanjut Mewengkang yang juga ketua Barisan Muda PKPI Minahasa, "kami bersyukur, karena PKPI Minahasa, ternyata sangat diminati kaum perempuan, untuk itu adalah wajar apresiasi 40% keterwakilan perempuan kami prioritaskan dalam daftar Bacaleg".

Menurut Mewengkang, komposisi 35 orang bacaleg PKPI Minahasa yang didaftarkan, tidak ada perubahan yang signifikan hanya, ada bacaleg yang meminta untuk berpindah daerah pemilihan.

Nama-nama bacaleg lain, masih tetap sama seperti daftar sebelumnya.Penyerahan daftar Bacaleg PKPI Minahasa ini, menurut Mewengkang diserahkan langsung oleh Ketua DPK PKPI Minahasa, Bart Y.K. Senduk dan Sekretaris DPK PKPI Minahasa, Ferdinand Didi Rau, yang diterima Kasubbag Teknis, KPU Minahasa, Jerry Oroh,SE.

/egy