Jumat, 6 April 2012 – 16:34 WITA Telah dibaca 348 kali

Gubernur Serahkan Bantuan Kapal Pengangkut Eceng Gondok

Danau Tondano.

Gubernur SULUT DR, Sinyo Harry Sarundajang pada hari Kamis (5/4) berkesempatan menyerahkan bantuan kapal pengangkut Enceng gondok kepada pemerintah Kabupaten Minahasa, bersama dengan pihak PLN wilayah Suluttenggo. Gubernur menyatakan, danau Tondano harus dijaga dengan baik, karena merupakan satu aset yang sangat strategis guna meembantu PlN dalam memasok kebutuhan listik di wilayah SULUT.

"Danau Tondano harus dijaga, jangan jadi seperti danau Limboto, karena danau Tondano sangat berkaitan erat dengan PLN", ujar Gubernur yang juga berjanji, pada tahun depan akan memberikan satu kapal lagi dimana kapal tersebut nantinya akan dioperasikan secara profesional, harus di jaga agar tidak cepat rusak, demikian pula dengan eceng gondok yang diangkat dari danau jangan sampai rusak dan membusuk, karena nantinya eceng gondok tersebut akan dijadikan bahan kerajinan tangan.

Pada kesempatan itu juga, diserahkan bantuan motor listrik untuk pulau Miangas, untuk pengoprasian PLTS Miangas dengan daya 350 KW, dan selesainya perbaikan generator tanggari II.

GM PT PLN wilayah Sulutenggo Santoso Warsono menyatakan, manfaat danau Tondano untuk PLN demi menjaga keamanan PLTA di Tonsea, namun eceng gondok menjadi satu masalah. Beruntung ada kapal yang bisa mengangkut eceng gondok demi lelancaran pasokan air ke PLTS Tonsea.

Pada kesempatan itu juga dirinya menyatakan SULUT membuat sejarah dimana berhasil mendapatkan pembangik liatrik motor pertama untuk Pulau Miangas, pulau bunaken juga telah menerima bantuan serupa dan berhasil dioperasionalkan secara baik.

Humas Pemprov SULUT.