Minggu, 1 Mei 2016 – 22:54 WITA Telah dibaca 1066 kali

SMK Sekolah Lanjutan Advent Terbaik Karya Inovasi Sekolah Bidang Kesehatan

Kepala Sekolah SMK Sekolah Lanjutan Advent Tompaso
SUARAMANADO,Minahasa. SMK Sekolah Lanjutan Advent Tompaso Kabupaten Minahasa berhasil keluar sebagai Juara Pertama dalam ajang Karya Inovasi Sekolah tingkat Propinsi Sulawesi Utara dengan hasil karya dibidang Kesehatan Pengobatan Herbal dan Detosifikasi. Penghargaan Karya Inovasi Sekolah Tingkat Propinsi Sulawesi Utara diserahkan lansung Olly Dondokambey selaku Gubernur dipuncak peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2016 usai upacara di halam Kantor Gubernur SULUT hari ini Senin (2/5)

Stenly Sumolang,SPd selaku Kepsek SMK Sekolah Lanjutan Advent Tompaso Kabupaten Minahasa menjelaskan bahwa Karya Inovativ yang dihasilkan anak didiknya berupa Herbal atau sejenis Jamu untuk mengurangi tekanan Darah Tinggi, Asam Urat, Kolesterol dan sebagai Obat Detoksifikasi.

Semua bahan ramuan sangat mudah didapatkan dan murah harganya namun setelah diolah dengan benar menghasilkan ramuan yang bermanfaat bagi masyarakat dan terpenting tanpa efek samping, jelas Stenly. Kedepan rencana akan dilakukan perosesan berstandart Industri sehingga semakin banyak yang dihasilkan untuk membantu masyarakat, saat ini masih diolah skala rumahan namun telah memiliki Nomor Kode IRT dari Dinkes Minahasa sehingga telah dipasarkan secara luas hingga di Indonesia Timur.

Dari hasil produksi telah memberi pemasukan bagi Koperasi Sekolah sebesar Rp. 200 Jutaan per Tahun, sementara untuk Produk Carkol untuk Detoksifikasi telah diproduksi 300 Botol per Tahun. Atas kerja ketas para siswa maka pemerinta Propinsi SULUT memberikan insentif sebesar Rp. 3.900 Ribu sebagai mendorong semangat berinovadi bagi siswa. (Jansen)