Selasa, 28 Juni 2011 – 08:30 WITA Telah dibaca 1197 kali

Pengelolaan Enceng Gondok Jadi Pupuk Tuai Dukungan

Danau Tondano.

Pengelolaan enceng gondok di danau Tondano untuk dijadikan pupuk dan makanan ternak mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya Taufik Tumbelaka, pengamat politik SULUT. Menurutnya, pengelolaan encek gondok itu sangat baik, namun kapan itu belum tahu.

"Barang kali nanti diolah di tahun 2025, enceng gondok itu sudah merajalela baru diolah. Untuk itu saya harapakan dapat dengan cepat memanggil investor dari luar atau dalam nengeri untuk menangulangi enceng gondok ini", ujar Tumbelaka

Di lain pihak, Jonny P Mantiri, anggota DPRD SULUT, turut mendukung pengelolaan enceng gondok ini. Menurutnya juga, permasalahan enceng gondok sudah menjadi masalah di masyarakat yang tinggal di Danau Tondano, baik sulitnya mendapat air yang bersih dengan adanya tumbuhan ini, juga Danau Tondanopun semakin mengering.

"dengan hal itu, saya sangat mendukung program ke depan pemerintah SULUT untuk menanggulangi tumbuhan yang tidak bermanfaat untuk dijadikan manfaat pada masyarakat", tutur Mantiri kepada SUARAMANADO, Selasa (28/6) melalui telepon.

Lebih lanjut dikatakannya, lebih baik dari sekarang untuk melakukan pengelolaan itu, agar tidak akan menimbulkan masalah yang lebih buat susah maasyarakat disekitar tumbuhan itu. "Asalkan Pemerintah dengan sepenuh hati bekerja mencari solusi dengan mencari investor untuk menglola enceng gondok ini, pasti tidak akan lama sudah ada investor yang mau mengelola tumbuhan ini", tandas Mantiri, legislator daerah pemilihan Tomohon ini.