Selasa, 3 Mei 2016 – 18:43 WITA Telah dibaca 748 kali

Tingkat Partisipasi Pilhuk Serentak Minahasa Utara Diatas 80%

Wakil Bupati Minahasa Utara Ir. Jopy Lengkong Memantau Pilhuk Serentak di Minut
SUARAMANADO,Minut. Kabupaten Minahasa Utara melaksanakan Pemilihan Kepala Desa serentak (3/5) di 53 Desa yang tersebar di seluruh Minahasa Utara dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam memberi hak suara diatas 80%.

Ditemui saat melakukan pemantauan Pilhuk serentak Ir. Joppy Lengkong selaku Wakil Bupati Minahasa Utara mnjelaskan dimana Pilhuk serentak kali ini berjalan lancar,aman dan meriah sebagai ajang pesta demokrasi tingkat desa dengan tingkat partisipasi warga diatas 80% yang menunjukkan kesadaran politik rakyat Minut sangat baik.

Kata Joppy, Pemilihan Hukum Tua di Minahasa Utara bukan baru kali ini dilakukan secara demokratis tetapi sejak lama masyarakat mimilih pimpinan di desanya secara lansung dan demokratis, bahkan setiap calon Hukum Tua siap kalah dan siap menang dalam pertarungan demokratis seperti ini,jelas Joppy Lengkong.

Hasil pantauan dibeberapa Desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa serentak semua berjalan lancar dan aman mulai tahapan pemungutan suara hingga penghitungan hasil suara yang masuk. Seperti di Desa Lumpias menurut Laurentius Wagiu Ketua Panitia Pemilihan Hukum Tua dari 1.135 Pemilih yang menggunakan hak pilih ada 964 orang dengan perolehan suara terbanyak diraih Calon Hukum Tua Nikson.O Mentang dengan Total 253 suara.

Yuslipan selaku Ketua Panitia Pilhuk Desa Tatelu menjelaskan; DPT 2.282 yang menggunakan hak pilih 2.088 orang Suara Sah sebanyak 2.081 Surat Suara, dari jumlah Surat Suara Sah maka John Lausan berhasil mengoleksi 1.107 Suara meninggalkan 2 calon lainnya. Suksesnya Pilhuk juga hasil kerja keras panitai lainnya seperti Sekertaris Panitia Indra Nelwan dan Yunita Sigarlaki selaku Bendahara.

Desa Dimembe menurut Albert Tintingon selaku Ketua Panita Pilhuk memberi apresiasi pada warga Desa Dimembe yang sangat antusias datang memilih sehingga ada warga yang diberi kesempatan memilih walau hanya membawah KTP dari Desa Dimembe, sesuai DPT 1.636 Yang memilih 1.474 Orang. Yohanes Tuwaidan unggul dengan 586 suara

Desa Mapanget merupakan desa dengan pemilih tebanyak dengan DPT 3.966 yang memilih, ada yang sedikit berbeda di Pilhuk Desa Mapanget karena Panitia membolehkan pemilih yang tidak masuk DPT tapi juga tidak memiliki KTP sebagai syarat Pemilih Tambahan.

Norma Umboh selaku Ketua Panitia Pilhuk Desa Mapanget menjelaskan bahwa; pemilih yang disebutnya Pemilih Tambahan Warga Adat yaitu mereka tidak masuk DPT juga tanpa KTP tetapi mereka adalah kaum lansia atau diakui secara adat sebagai warga Desa Mapanget. Pertarungan Pilhuk Desa Mapanget dimenangkan Calon No. 3 Fredrik Sumakud,Amd dengan meraih 1.296 Total suara sah,kemudian Refli Rorimpandey 937 Suara, Oktavianus Kaunang 607 dan Lenny Lengkong 24 suara(jansen)