Jumat, 27 November 2015 – 06:39 WITA Telah dibaca 758 kali

Piet Luntungan: Desa Harusnya Dapat Minimal Rp. 1,4 Miliar

Calon Bupati Minahasa Utara Piet Luntungan & Lucky Londong
SUARAMANADO, Minut. Salah satu Calon Bupati Minahasa utara Piet Luntungan mengatakan bahwa Desa di Minut harusnya berhak mendapatkan Dana Desa sebesar Rp. 1,4 Miliar per desa setiap tahun.

Kata Piet, kalu saat ini melalui Pemerintah Pusat mengalokasikan Dana Desa rata-rata Rp. 400 Juta per Desa, maka jika warga Minut mempercayakan dirinya bersama Lucky Londong menjadi Bupati dan Wakil Bupati kedepan, keduanya telah memprogramkan akan memberi tambahan Rp. 1 Miliar per desa sehingga setiap desa akan mendapatkan Dana Desa minimal Rp. 1,4 Miliar.

Tambahan dana Desa tersebut menurut Piet Luntungan akan ditata di APBD Kabupaten dengan memaksimalkan pengelolaan keuangan yang bebas dari KKN. Pasalanya menurt mantan Legislator Minut ini, dirinya mengetahui dengan jelas berapa kebocoran dana setiap tahunnya baik dalam APBD maupun bantuan pemerintah pusat yang masuk di Kabupaten Minahasa Utara.

" Saya Optimis program tambahan dana Rp.1 Miliar per desa dapat direalisasikan dengan memangkas bentuk-bentuk pungli di tiap SKPD terkait pemberian pekerjaan kepada pihak ke Tiga yang disinyalir setiap pengusaha harus menyetor 20% dari Total Anggaran Proyek. "

Jika kebocoran sebesar 20% di APBD Minut dapat hilangkan maka dengan Total jumlah kebocoran tersebut jika dihitung akan mencukupi bahkan ada dana lebih setelah dibagikan ke setiap Desa sebesar Rp. 1 Miliar per desa kemudian ditambah dengan alokasi DD dari Pemerintah Pusat, jelas Om Piet sapaan akrabnya. (jansen)