Rabu, 9 November 2016 – 02:11 WITA Telah dibaca 3011 kali

Inspektorat Minut Temukan Penyimpangan Dana BOS di 352 Sekolah

Umbase Mayuntu Ka. Inspektorat Kab. Minahasa Utara
SUARAMANADO,Minut. Kepala Inspektorat Kabupaten Minahasa Utara Umbase Mayuntu terus melakukan pengawasan secara ketat terhadap penggunaan anggaran di pemerintah Kabupaten Minahasa Utara terutama terhadap penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di seluruh sekolah se Kabupaten Minut.

Seperti dikatakan Mayuntu kepada media Onn-line SUARAMANADO.com diruang kerjanya,dimana pihaknya baru saja melakukan pemeriksaan penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kepada 352 Sekolah di 10 UPTD Diknas Kabupaten Minahasa Utara.

Dari hasil pemeriksaan terdapat pelanggaran penggunaan BOS di setiap sekolah dengan tingkat kesalahan yang bervariasi dimasing-masing sekolah. Menurut mantan Camat Wori ini, umumnya terjadi kesalahan administrasi atas ketidak taatan pada prosedur penggunaan Dana.

Namun ada sejumlah sekolah secara jelas melakukan penyalagunaan Dana BOS sehingga dapat diindikasikan merugikan keuangan Negara, salah satu indikasi penyelewengan menurut Mayuntu dimana penggunaan BOS tidak dibuktikan secara sah dan benar sesuai bukti dokument yang ada.

Sebagai institusi yang diberi kewenangan sesuai UU maka pihaknya secara rutin melaksanakan Program Kerja Pengawasan Tahunan lingkup pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, tentu berbagai temuan dilapangan akan dilaporkan ke atasan yang lebih tinggi untuk menjadi bahan evaluasi.(jansen)