Senin, 29 April 2013 – 09:09 WITA Telah dibaca 2627 kali

OSIS Rohis SMAN-1 Manado

Bakti Sosial Rohis SMA-1 Manado di Desa Bulutui

Bakti Sosial Pengobatan Gratis Rohis SMAN-1 Manado di Desa Bulutui
SUARAMANADO, Minut., SMAN-1 Kota Manado,dibawah kendali Drs. Djeki Kojo M.M.Pd selaku kepala sekolah, melakukan bakti sosial berupa pengobatan gratis bagi masyarakat Desa Bulutui, Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara, lewat kegiatan OSIS Sekbid 1-B atau Rohis (Rohani Islam).

Kegiatan positif rutin tahunan yang dilaksanakan siswa SMAN-1 Manado, berupa bakti sosial pengobatan gratis, patutlah diancungi jempol, dan menjadi contoh untuk dilaksanakan oleh sekolah sejenis lainnya yang ada di Provinsi Sulawesi Utara. dengan berbagai usaha dan daya upayah, walau masih berstatus siswa, mereka telah mampu berbuat bagi masyarakat yang tidak mampu.

Pengobatan Gratis Rohis SMAN-1 Manado di Desa Bulutui, Kab. Minahasa Utara
Bahkan tak kalah hebat dari organisasi kemasyarakatan yang lain. Indah Julian, selaku Ketua Rohis di Organisasi Siswa Intra Sekolah – OSIS-SMAN-1 Manado masa bakti 2012-2013, menjelaskan, bahwa kegiatan pengobatan masal bagi masyarakat Desa Bulutui, merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun terhadap desa-desa yang dinilai sangat membutuhkan, atau kebanyakan warga desanya tergolong kurang mampu menjangkau pelayanan kesehatan.

Sebelum menentukan titik desa yang akan dijadikan target pelayanan bakti sosial, maka tim ROHIS telah turun melakukan servey sebelumnya untuk menyeleksi desa-desa yang layak mendapat bantuan pengobatan gratis. Bahkan ditahun sebelumnya, telah dilakukan kegiatan khitanan masal dibeberapa desa berbeda hingga di Kota Kotamobagu.

Pemeriksaan Kesehatan OSIS Didang Rohis SMAN-1 Manado, Desa Bulutuir
Beberapa kasus penyakit yang didapati di Desa Bulutui, yaitu; Asam Urat bagi orang dewasa, kemudian kelompok anak dan balita, berupa Gatal-gatal, Luti, Diare, dan gangguan pernafasan. dengan total 114 pasien yang mendapat pelayanan selama dua hari (26 – 27 /4).

Melalui kerja sama dengan HMI Manado, menghadirkan 7 orang pdokter umum dalam membantu kegiatan ini hingga semua berjalan sukses dan lancer. Sebagai guru pembimbing dan Pembina Rohis para siswa SMAN-1 Manado, Drs. Ramli Makatengkang, MHi, menjelaskan tujuan kegiatan siswa binaanya, yaitu; untuk membantu yang tidak mampu agar mendapat pengobatan gratis.

Suksesnya kegiatan ini, tak lepas dari keterlibatan para dr. yang juga diantaranya adalah alumni di SMAN-1 Manado, terutam para donator yang telah membantu baik berupa materil dan dukungan moril, jelas Ramli, yang kesehariannya mengajar pelajaran Agama Islam. (Jansen)