Kamis, 18 April 2013 – 19:12 WITA Telah dibaca 1625 kali

Pantau Pelaksanaan UN di Manado dan Minut

Kansil Himbau Pemantau Tidak Mengganggu Peserta Ujian

Wakil Gubernur SULUT Dr. Djouhari Kansil MPd minghimbau, bagi para pejabat yang akan melakukan pemantauan selama berlangsungnya Ujian nasional (UN) tingkat SMA selama 3 hari ini, jangan sampai menggangu siswa yang lagi melaksanakan ujian. Hal ini dimaksudkan agar para siswa dalam mengisi setiap lembar jawaban yang ada tidak terganggu konsentrasinya.Himbauan orang nomor dua di SULUT itu disampaikan setelah usai melakukan pembagian soal mata pelajaran dan lembar jawaban kepada siswa SMA Negeri 1 Manado, sekaligus melakukan pemantauan di SMA Pioner Manado dan di SMA Negeri I Airmadidi Minut, Kamis (18/4).

Wagub Djouhari Kansil saat berkunjung ke SMA Pioneer Manado didampingi pimpinan sekolah tersebut, Drs. Wilson Jacobus, MS.

Kalau boleh hanya memantau dari luar ruangan saja, tak perlu masuk sampai di ruangan kelas, karena hal itu tidak diperkenankan, karena hanya bisa menggangu jalannya UN tersebut, jelas mantan Kadis Diknas SULUT ini.

Menurut Kansil, sesuai laporan Kadis Diknas Provinsi SULUT dan Rektor Unima bahwa pendistirbusian naskah mata pelajaran UN di daerah ini berlagsung aman dan lancar, bahkan pendistribusiannya dilakukan hingga pagi hari, ujarnya.

Karena itu Wagub Kansil berharap, semua anak-anak bisa mengikuti ujian dengan baik, termasuk mampu menjaga kualitas kelulusan rata-rata nilai 8 sama dengan tahun yang lalu.

Bahkan, penundaan UN ini justru menambah semangat mereka (siswa), sementara menyangkut kebocoran soal saya yakin tidak ada karena distribusi naskah sangat ketat, tambah Kansil.

Kadis Diknas SULUT Star Wowor mengatakan, siswa SMA N I Manado yang mengikuti ujian nasional berjumah 681 siswa, SMA Pioner 48 siswa sedangan di SMA N 1 Airmadidi berjumlah 229 siswa. Sementara mata pelajaran yang di uji meliputi program IPA Kimia, Biologi IPS Sosiologidan geografi, sementara bahasa antropologi dan sastra Indonesia.

Wowor menambahkan, ikut hadir dalam pemantauan UN bersama Wagub Kansil yaitu Direktur PK/PLK Dikmen KemendikbudDrs. Antonius Budi Priady MAP.