Senin, 30 Mei 2011 – 06:54 WITA Telah dibaca 1994 kali

Dikebumikan di Desa Laikit

Dalam suasana yang syahdu, ibadah pemakaman jenazah almarhumah Ir. Zandramaya lalu, M.Si Minggu 29 Mei 2011 dipimpin oleh wakil ketua BPMS GMIM, Pdt. Plangiten, STh. Jajaran pemerintah provinsi Sulawesi Utara di bawah pimpinan wakil gubernur Sulawesi Utara, Drs. Djouhari Kansil, M.Pd tampak khusyuk mengikuti Ibadah. Di deretan kursi yang ditempati keluarga, tampak suami almarhumah, Agus Sudibyo dan kedua anak tampak tegar melepas kepergian almarhumah meskipun jelas terlihat guratan kesedihan yang mendalam.

Ibadah diawali dengan pembacaan riwayat hidup almarhumah yang dibacakan oleh anak bungsu Yudha. dari daftar riwayat hidup yang dibacakan terungkap bahwa almarhumah merupakan birokrat yang kaya akan pengalaman birokrasi dengan berbagai jabatan yang dipercayakan semasa mengabdi di Dinas Kelautan dan Perikanan sampai pada jabatan terakhir selaku Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Utara dengan pangkat terakhir Pembina Utama Madya IVd.

Wakil gubernur Sulawesi Utara yang menyampaikan sambutan penghiburan atas nama pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara mengatakan Sulawesi Utara kehilangan seorang putra terbaik, sosok yang penuh semangat, sosok yang memiliki sumbangsih besar dan nyata dalam perjalanan pembangunan provinsi Sulawesi Utara.

"dari pemikiran dan ide-idenya banyak inovasi baru yang dicetuskan dan langsung ditindaklanjuti dengan karya dan kerja nyata tanpa kenal lelah. Almarhumah telah melaksanakan tugasnya secara paripurna dan ini semua menjadi kebanggaan bagi keluarga dan seluruh masyarakat Sulawesi Utara. Totalitas pengabdiannya telah diberikan untuk mengabdi pada kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara", ungkap wagub Kansil. Oleh karena itu wakil gubernur atas nama pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara menyampaikan rasa duka yang mendalam atas meninggalnya Almarhumah.

Setelah ibadah di rumah duka, jenazah kemudian disemayamkan di kantor gubernur Sulawesi Utara dengan upacara penghormatan KORPRI dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi SULUT yang juga Ketua Pengurus Provinsi KORPRI SULUT. Bertindak selaku komandan upacara Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi SULUT Drs. Marhaen Tumiwa, M.Pd.

Setibanya di halaman kantor gubernur jenazah diusung oleh para Praja IPDN dan diletakkan di depan para hadirin dengan diselimuti Bendera Merah Putih. Tampak hadir ketua Tim Penggerak PKK Provinsi SULUT Ibu Deitje Sarundajang Laoh-Tambuwun dan seluruh jajaran Pemprov SULUT bersama jajaran KORPRI.

Acara diakhiri dengan Peletakan Karangan Bunga oleh Sekretaris Daerah Provinsi yang didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi SULUT Ny. Esther Mokodongan Turang dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi SULUT Ny. Deitje Sarundajang Laoh-Tambuwun. Jenazah kemudian dibawa ke desa Laikit untuk dikebumikan.