Minggu, 25 Oktober 2015 – 01:41 WITA Telah dibaca 794 kali

Polda SULUT Bongkar Penyimpanan 316 Tong Sianida di Gudang Tua

Gudang bahan kimia berbahaya di Minahasa Utara.

SUARA MANADO, Minahasa utara, Tim Barracuda Polda SULUT membongkar gudang di Desa Tatelu Rondor, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara, yang diduga dijadikan sebagai tempat penyimpanan bahan kimia berbahaya sianida, Minggu (25/10) pukul 00.30.

Berdasarkan informasi warga tentang adanya aktivitas mencurigakan di bekas gudang tua itu, tim Barracuda Polda SULUT segera menuju lokasi tersebut. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata benar dalam gudang tersebut ditemukan 316 tong sianida yang diduga berasal dari Surabaya.

"Berdasarkan informasi dari masyarakat, kita mendapatkan masukkan bahwa ada bahan berbahaya yang diduga sianida masuk ke wilayah ini", kata Kepala Tim Barracuda AKBP Arya Perdana.

Perdana mengatakan bahwa pengecekan ke TKP sudah dilakukan namun belum mendapat izin dari atasan, namun pihaknya akan menyelidiki impor barang dari Surabaya itu apakah legal atau ilegal.

Saat ini gudang yang berisi 316 ton sianida itu masuk status quo dan digaris polisi untuk diproses dan diperiksa lebih lanjut.

"untuk keberadaan sianida yang berada di sini nanti kita kenakan aturan staatsblad 37 tahun 1949 mengenai bahan kimia, itu kenanya nanti tipiring, kita sita di tempat prosesnya nanti tergantung pengadilan apakah dikembalikan kepada pemilik atau diserahkan ke negara", pungkas Perdana.