Senin, 20 Mei 2013 – 18:30 WITA Telah dibaca 1308 kali

Akankah Incumbent KPU Mitra Masuk 10 Besar

Penutupan Rangkaian Seleksi KPU Minahasa Tenggara, Ketua Tim Seleksi, Godlieb Mamahit, SH. MH.
SUARAMANADO, Manado. Tahapan seleksi anggota KPU Minahasa Tenggara hari ini Senin (20/5)telah selesai pada tahapan wawancara bagi yang dinyatakan lulus seleksi ujian tertulis dan tes psikologi.

Dengan demikian, seluruh tahapan seleksi telah rampung dilaksanakan oleh Tim Seleksi anggota KPU yang diketuai, Godlieb Mamahit, SH.MH. Tim telah bekerja keras dan secara profesiaonal menyeleksi peserta calon anggota KPU hingga masuk pada tahapan wawancara terhadap 15 orang yang lolos.

Menurut, Mamahit, besok Selasa (21/5) akan diumumkan nama-nama yang lolos pada tahapan wawancara untuk masuk 10 besar. Dalam sambutan penutupan, Mamahit, memohon maaf jika selama proses penjaringan ada hal-hal yang merasa dirugikan melalui keputusan yang dilakukan.

Yakinlah semua ini dilakukan sesuai aturan dan tanpa unsur subjektiv. Hal yang sangat menarik dimana suasana selama proses penjaringan, hubungan antara Tim Seleksi dan Peserta Seleksi nampak mesrah, tanpa terlihat ketegangan. Hal ini pulah salah satu yang membedakan proses tahapan di waktu lampau dibanding dengan Tim Seleksi tahun 2013.

Bersama Tim Seleksi dan 10 Besar Peserta Seleksi KPU Mintra
Sekertaris KPU, Drs. Novie U. Lendway, menyatakan segala hal tentang pendanaan hingga tahapan terakhir sangat mencukupi dan tidak ada yang kurang. semuanya menjadi tanggungan pemerintah lewat dana APBN. Berterima kasih atas partisipasi peserta dari mulai tahapan pendaftaran hingga proses wawancara telah berjalan dengan lanjar dan aman.

Perbedaan lain, dimana periode yang lalu para calon anggota KPU harus merogoh kocek sendiri sejak tahapan pendaftaran hingga pemeriksaan kesehatan dan tahapan lanjutan. Tetapi di tahun 2013, seluruh proses tahapan mulai pendaftaran hingga pemeriksaan kesehatan dan proses lanjutan lainnya, para peserta tidak mengeluarkan uang sepeserpun, alias semua ditanggung oleh Negara lewat dana APBN.

Dari ke 15 peserta calon anggota KPU yang lolos tahapan wawancara termasuk didalamnya 4 orang incumbent anggota KPU pulus 1 orang mantan anggota KPU yang di PAW. Masing-masing: Ascke Benu (Ketua KPU), Wolter Dotulong, Hetti Massie, Pdt. Fanny Wurangian, dan Deiske Sangie (yang di PAW). Bertahannya 4 orang anggota KPU plus 1, merupakan ancaman tersendiri terhadap calon muka baru yang lain.

Saat disinggung peluang incumbent untuk masuk 10 besar, Ketua Tim Seleksi, Godlieb Mamahit, secara diplomatis menyatakan semua memiliki peluang untuk lolos 10 besar, untuk diusulkan ke KPU Provinsi, yang selanjutnya akan menetapkan 5 orang komisioner KPU yang baru.

Ke 15 calon anggota KPU yang lolos wawancara adalah; Apolos Manopo, Agus Mawu, Jhonly Pangemanan, Arnold Rundengan, Jems Kumajas, Soleman Kalangi, Sudir Beu, Irfan Rabuka, Martini Ilolu, Jelly Tambayong. Pulus 4 orang incumbent dan 1 eks. anggota KPU Mitra. (jansen)