Senin, 13 Mei 2013 – 14:35 WITA Telah dibaca 1528 kali

Seluruh Calon Anggota KPU Mitra Punya Peluang Yang Sama

Godlieb N. Mamahit (tengah) Ketua Tim Seleksi Anggota KPU Minahasa Tenggara.
SUARAMANADO, Manado. Tim Seleksi Anggota KPU Kabupaten Minahasa Tenggara melaksanakan Tes Psikologi bagi 20 calon Anggota KPU Mitra di Hotel Swessbel, Manado. (13–14 mei 2013)

Menurut Ketua Tim Selesksi Anggota KPU Minahasa Tenggara, Godlieb N. Mamahit, setelah dilakukan penyesuaian tanggal seleksi Anggota KPU Mitra dimana 3 Mei 2013 sebagai batas akhir pendaftaran. Saat ini sedang dilakukan tes Psikologi selama 2 hari (13 s/d 14 Mei) bertempat di Swessbel Hotel Manado.

Peserta Tes Phsikologi Calon Anggota KPU Minahasa Tenggara di Hotel Swessbel Manado.
Berbeda dengan proses tahapan sebelumnnya yang hanya dilaksanakan di Ratahan, Minahasa Tenggara. Untuk tes psikologi dilaksnakan di hotel dengan alasan tes ini lebih membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan membutuhkan suasana yang lebih tenang dan representatif.

Seltelah melewati tahapan seleksi berkas, dari 56 pendaftar,yang dinyatakan lolos berkas sebanyak 36 orang. dengan melewati tes tertulis dan tes kesehatan, maka yang berhak untuk lolos pada tes psikologi tertinggal 20 orang.

Tes Psikologi yang bekerja sama dengan HIMPSI-Himpunan Psikologi Seluruh Indonesia SULUT, akan dilakukan tes secara tertulis dan tes wawancara kemudian dilakukan diskusi kelompok terarah. Sesuai Jadwal yang ditetapkan, tanggal 17–18 Mei 2013, pengumuman hasil tes kesehatan dan psikologi calon anggota KPU ke masyarakat untuk dilakukan uji publik dan memintakan tanggapan dari masyarakat.

Dari ke 20 peserta tes psikologi akan disaring menjadi 10 orang setelah melalui tahapan wawancara dan klarifikasi tanggapan masyarakat, untuk diajukan ke KPU Provinsi Sulawesi Utara. Selanjutnya KPU SULUT, menetapkan 5 orang sebagai Anggota KPU yang baru.

Menurut Mamahit, ada 4 incumbent anggota KPU yang ikut dalam tahapan penjaringan Anggota KPU yang baru. Semua calon memiliki peluang yang sama untuk lolos seleksi sesuai hasil tes yang dilakukan secara profesional dan objectif. Ditambahkan, Laila Taher, salah satu anggota tim seleksi, sesai ketentuan dalam Pasal 3 PKPU 2013.

Yang memiliki peluang besar untuk lolos seleksi adalah mereka yang memiliki pengetahuan dibidang Pemilihan Umum, Politik, Hukum dan Ekonomi Management. Batas usia dari minimal 30 Tahun, dan usia maksimal tidak ditentukan.

Minat Masyarakat Mitra untuk maju sebagai Calon Anggota KPU terbilang cukup tinggi, karena yang dibutuhkan hanya 5 tetapai yang mendafatar hingga 56 orang, datang dari berbagai profesi,yaitu; Akademisi, Dosen Fakultas Hukum, Pendeta bahkan dari profesi Jurnalis. (Jansen)