Minggu, 1 Mei 2016 – 23:18 WITA Telah dibaca 1109 kali

SMK Kristen Tombatu Wakili Minahasa Tenggara Diajang Karya Inovasi Sekolah

Kepala Sekolah SMK Kristen Tombatu Kab. Minahasa Tenggara
SUARAMANADO, Mitra. Tidaklah sia-sia perjuangan SMK Kristen Tombatu yang mewakili Kabupaten Minahasa Tenggara di tingkat Propinsi Sulawesi Utara dalam Ajang Karya Inovasi Sekolah dengan menyabet Tebaik ke Tiga tingkat Propinsi.

Pengargaan sebagai terbaik III tingkat Propinsi diberikan langsung Olly Dondokambey selaku Gubernur dalam puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional dihalaman Kantor Gubernur hari ini, Senin (2/5). SMK Kristen Tombatu yang bernaung dibawah Yayasan A.Z.R Wenas GMIM berhasil meraih peringkat III dengan hadil karya Pupuk Hijau Cair Organik yang sangat bermanfaat bagi peningkatan produksi pertanian baik tanaman Pangan maupun Hortikultura.

Yunus Nico Mandagi Akay,M.Si selaku Kepsek mengaku bangga hasil karya siswanya yang behasil melewati Tiga Tahap penilaian mulai dari penilaian di sekolah, Presentasi di Diknas Propinsi hingga Lomba yang dilaksanakan di Mantos. dengan temuan ini maka telah diterapkan sejak 2013 lalu dengan hasil memuaskan dimana lahan sawah yang dulunya hanya mengahadilkan 2 s/d 3 Ton Gabah namun setelah diberi Pupuk Hijau Cair Organik maka lahan tersebut menghadilkan 8 Ton Gabah / Ha.

Kedepan menurut Mandagi, pihak SMK Kristen terus berinovasi tepat guna yang menjadi target penelitian adalah menghasilkan Pestisida Organik dibawah Koordinasi Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan & Hortikultura. (jansen)