Senin, 23 November 2015 – 02:09 WITA Telah dibaca 988 kali

Pemkab Minsel Menyambut Positif Kapsul Waktu 2085

SUARAMANADO, Minsel, Panitia Daerah (Panda) Gerakan 70 Kabupaten Minahasa Selatan dibawah Koordinasi Jusuf Kalengkongan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan yang di terima langsung Sekretaris Daerah Minahasa Selatan Drs. Danny Rindengan, di dampingi Assisten I Drs. Ben Watung dan Kadis Pariwisata Drs. Sonny Maleke.

Expedisi Kapsul Waktu 2085 (EKW) yang telah di lepas oleh Presiden Jokowi pada bulan Agustus 2015 dari Aceh, selanjutnya bulan Desember mendatang akan melewati Propinsi Nyiur Melambai ini, yang rencananya akan melewati Kabupaten Minahasa Selatan diawal Desember nanti.

Kapsul waktu ini dalam rangka Kemerdekaan Indonesia yang ke 70 yang akan menampung mimpi-mimpi seluruh Masyarakat Indonesia yang nantinya akan di kumpulkan dan di simpan di Papua tepatnya di Kota Merauke dan nantinya akan di buka pada tahun 2085 mendatang.

Kegiatan EKW ini rencananya akan masuk Kabupaten Minahasa Selatan dari Bolaang Mongondouw Timur (Boltim) melalui Kecamatan Modoinding.

Modoinding dengan kesuburan tanah pertanian dan alamnya yang indah merupakan tempat tertinggi di Propinsi Sulawesi Utara yang menghasilkan segala jenis tanaman hortikultura sejak dari tahun 1985 merupakan sumber utama sayur-sayuran dan rempah-rempah di Indonesia Timur.

Di harapkan ke depan Modoinding Minahasa Selatan ini bisa menjadi sentra hortikultura untuk Indonesia dan Negara-negara tetangga, seperti Filipina, Malaysia, Brunia dan Papua New Guinea.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan sangat antusias menyambut Expedisi Waktu ini yang terjadi hanya satu kali di Indonesia dalam 140 tahun ini, sehingga menurut arahan dari Sekda Minsel Bpk Drs. Danny Rindengan untuk di persiapkan secara matang dan berkoordinasi dengan banyak pihak agar bisa sukses.

Menurut Koordinator Panda Minsel, Jusuf Kalengkongan, bahwa kegiatan penyambutan EKW ini akan melibatkan unsur dan elemen masyarakat di Minahasa Selatan yang akan di pusatkan di Kec. Modoinding,

Parade hortikultura dan pencanangan ‘Modoinding Dapur Indonesia Timur dan daerah Agrowisata’ merupakan puncak dari kegiatan yang berdurasi 2 jam di Modoinding nanti. Kegiatan-kegiatan sebelum acara puncak ini akan di beberapa kegiatan di masyarakat dalam menggali mimpi-mimpi masyarakat Minahasa Selatan dan nantinya akan di bacakan oleh Bupati Minahasa Selatan di Puncak Modoinding nanti. ('')