Senin, 4 Februari 2013 – 16:53 WITA Telah dibaca 2445 kali

Minsel Bangun Pasar Sayur Segar

Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) berencana membangun pasar sayur segar. Pembangunan pasar segar ini dimaksudkan untuk memperpendek jalur distribusi sayuran segar.

Hal ini diungkap Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pasar Kabupaten Minsel, Dekky Tuwo. "Direncanakan pasar sayur akan dibangun di Kapitu, Amurang, Minsel", kata Tuwo seperti dilansir Manado Bisnis.

Tuwo mengatakan, pembangunan pasar sayur tersebut akan diselaraskan dengan pembangunan pasar tradisional Kapitu yang diperkirakan menelan anggaran miliaran rupiah. "Selama ini, kebutuhan sayuran masyarakat Minsel dan daerah lainnya di SULUT, sebagian besar didatangkan dari kawasan Modoinding yang berbatasan dengan Kabupaten Bolaang Mongondow. dengan kehadiran pasar sayur Kapitu Amurang akan memperpendek jalur distribusi", ujarnya.

Dengan memendeknya jalur distribusi, sayur yang dijual di pasar tersebut selain lebih segar, harganya pun relatif lebih murah dibanding sebelumnya.

"ke depan, pembangunan pasar sayur tersebut akan mempermudah realisasi rencana pemerintah Minahasa Selatan untuk mengantarpulaukan sayuran ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Pemerintah Kabupaten Minsel dan Balikpapan sudah menandatangani kerja sama perdagangan. Kehadiran pasar sayur ini diharapkan menjadi peluang untuk merealisasikan apa yang telah disepakati bersama", ungkapnya.

Perdagangan antarpulau dengan Balikpapan, ditambahkan Dekky, belum terlaksana karena belum adanya kapal pengangkut berbagai jenis komoditas pertanian ke daerah tersebut. "Pelabuhannya sudah ada, tinggal menunggu adanya pelaku jasa perkapalan yang bersedia melayani pelayaran ke Balikpapan. Mudah-mudahan dengan adanya pasar sayur menjadi salah satu potensi yang dapat menarik investor perkapalan merealisasikan rencana tersebut", paparnya.