Jumat, 1 Juli 2011 – 16:31 WITA Telah dibaca 1661 kali

Harus Sekalian Sosialisasi

Sumual: Elpiji Jangan Hanya Dibagikan

Tabung elpiji bersubsidi.

Menyikapi keluhan masyarakat kabupaten Minahasa Selatan tentang pemakaian kompor gas elpiji yang belum ada sosialisasi dari pemerintah, Jonie Sumual sebagai Anggota Komisi II DPRD SULUT mengatakan, masih banyak keluhan masyarakat tentang pemakaian elpiji ini. Untuk itu pemerintah harus melakukan sosialisasi terlebih dahulu baru dibagikan.

"Kalau langsung dibagikan lalu tidak ada sosialsasi, maka kompor gas itu bukan dipakai namun hanya dijual, karena tidak tahu cara pakainya. Banyak masyarakat yang saya dapati seperti itu", ujar Sumual kepada SUARAMANADO, Jumat (1/7) saat dihubungi melalui telepon.

Lebih lanjut dikatakan Sumual, pembagian kompor gas elpiji lebih baik dilakukan bersamaan dengan sosialisasinya agar masyarakat langsung mengerti cara pemakaiannya.

"Kalau dengan cara seperti itu sangat baik, karena pembagian dengan sosialisasi bersamaan, masyarakat yang mengerti lasngsung memakainya, dan kompor gas yang diberikan tidak akan dijual oleh masyarakat yang dibagikan", tutur Sumual.

Ditambahkan Sumual, semenjak pembagian kompor gas elpiji, kelihatan hingga saat ini belum ada yang namanya stasiun pengisi gas dan juga untuk jaminan asuransinya belum ada.

"Itu harus diperhatikan oleh pemerintah, karena gas elpiji di samping masyarakat di SULUT belum terlalu tahu memakainya, juga sangat berbahaya", tandas Sumual, legislator asal daerah pemilihan (dapil) Minsel ini.