Kamis, 28 Juli 2016 – 19:48 WITA Telah dibaca 533 kali

Pengelolah TV Kabel Harus Ada Izin Penggunaan Tiang Telpon & PLN

KPID SULUT dan Peserta Sosialisasi Penyiaran
SUARAMANADO,Manado. Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulawesi Utara Olga Peleng,SH.MH. menegaskan bagi pengelolah TV Kabel harus mengurus izin siaran kepada KPID dan melampirkan bukti kerja sama dengan pihak Telkom atau PLN jika menggunakan fasilitas mereka berupa tiang untuk melintaskan kabel TV mereka.

Penegasan ini disampaikan Olga Peleng diselah-selah sosialisasi peran KPID kepada sejumlah siswa dari utusan sekolah tingkat SMA sederajad yang ada di Kota Manado (28/7) Kemarin, di salah satu hotel Kota Manado. Kata Olga, seluruh pemilik TV Kabel wajib mengantongi izin.

Seharusnya pemilik TV kabel memiliki tiang sendiri untuk menggantungkan kabel jaringan TV kepada pelanggannya. Namun apabila tidak memiliki tiang sendiri kemudian memanfaatkan fasilitas umum lain seperti tiang Telpon maupun tiang milik PLN maka harus dibuktikan dengan dokumen kerja sama dengan pihak-pihak bersangkutan.

Kedepan pihak KPID SULUT akan menertibkan pengusaha TV kabel, dan apabila ditemukan ada yang tidak berizin maka pihaknya akan bertindaj tegas dengan memberi kesempatan melengkapi persyaratan perizinan sebelum dilakukan langkah penutupan atau penghentian beroperasi.

KPID SULUT dalam sosialisasi ini menegaskan tentang Thema " Pemirsa Cerdas,Regulator Tegas, Pelaku Usaha Berintegritas yang didasari dengan UU 32 yang mengatur tentan P3SPS atau Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standart Program Siaran.(jansen)