Rabu, 19 Desember 2012 – 18:34 WITA Telah dibaca 1897 kali

Jejali Hutan Kenangan dan Pantai Batu Nona

Kawanua Diaspora Bernostalgia di Alam Minahasa

Bakudapa Kawanua Sedunia di Pantai Batu Nona, Kema, Minahasa Utara
Ratusan warga kawanua yang telah berdiaspora, hari ini menjejali alam tanah Minahasa yang indah nan elok. Beberapa Bus bantuan Polda SULUT yang mengangkut para Tou Minahasa perantauan nampak antusias bernostalgia di tanah lelulur mereka, di Minahasa Raya.

Diantaranya, Sisca Spoel yang kini berkewarganegaraan Amerika Serikat sungguh tak henti-hentinya mengekspresikan kegembiraannya dengan menikmati setiap acara yang telah disiapkan oleh panitia Bakudapa Kawanua Sedunia. Ada pesta makan ala orang Minahasa yang digelar diatas daun pisang, pertunjukkan musik kolintang, dansa, hingga performance grap-grap yang sungguh sangat menghibur.

"Kalau acaranya seperti ini, tiap taong lei boleh qta mo pulang kampung",ujarnya sambil terkekeh-kekeh.

Bukan itu saja, para peserta juga diajak naik boat untuk mengitari panorama keindahan pantai Batu Nona. dan benar saja, para peserta terkagum-kagum dengan keindahan alam pantai Batu Nona. "Luar biasa ciptaan Tuhan untuk orang Minahasa ini, alamnya indah dan eksotik, kekayaan alamnya sungguh memanjakan orang Minahasa Raya",sergah Rita peserta tour pantai BKS II yang kini bermukim dari Belanda.

Suasana siang hingga sore hari terasa begitu cepat berlalu lantaran semua peserta telah terbawa suasana kegembiraan yang sangat menghibur. Sebelumnya, peserta juga ikut melakukan penanaman pohon di hutan Kenangan, di Minahasa Utara.

Tak heran, sejumlah peserta dari Jakarta, Surabaya, Bali, Belanda, dan Amerika Serikat pun merasa puas dengan acara tour pantai ini. Acara BKS II akan dilanjutkan pada besok hari dengan wisata alam pegunungan di Tomohon. Karena itu, menurut panitia, Vanda Rorimpandey, John Tasirin dan Merry Karouwan, mengharapkan agar peserta yang belum sempat mengikuti kegiatan wisata pantai dapat bergabung pada acara wisata pegunungan besok hari. "Tour wisata pegunungan juga telah kami siapkan format acara yang sangat menghibur, santai, sambil merenungi anugerah Tuhan di tanah Minahasa",ujar Veldy Umbas dan Lucky Mangkey yang juga panitia BKS II. (R01)