Rabu, 19 Desember 2012 – 09:53 WITA Telah dibaca 1002 kali

Wagub: Jelang Natal dan Tahun Baru Stok Sembako Aman

Wakil Gubernur SULUT Dr. Djouhari Kansil, MPd, Selasa (18/12) kemarin, melakukan pemantauan pasar dalam rangka mengecek ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat yakni sembako dan BBM menjelang Perayaan Natal 25 Desember 2012 dan Tahun baru 1 Januari 2013.

Wagub yang turut didampingi Kadis Perindag, Sanny Parengkuan, Kadivre Perum Bulog Divre SULUT dan Gorontalo Benhur Ngkaimi, Karo Perekonomian Dr. Adri Manengkey, dan perwakilan pertamina, dimulai dari pasar bersehati, kemudian pasar swalayan Multi Mart samping Bank SULUT, seterusnya menuju PT. Sinar Pratama Cemerlang salah satu stasiun pengisian dan pendistribusian bulk elpiji di Winuangan Paal Dua.

Usai dari situ rombongan Wagub SULUT menuju SPBU ring road dan berakhir SPBU Winangun. di pasar bersehati Wagub mengecek berbagai harga kebutuhan pokok masyarakat mulai dari harga telur perbutir berkisar diantara Rp.1000 hingga Rp. 1.300, begitu pula dengan harga beras curah yang dijual pedagang beras bulog Rp. 7.000/ kg, sultan Rp. 9.000/kg serta beras superwin Rp. 9.500/kg. menurut pedagang harga beras sering mengalami fluktuasi harga sesuai pasaran yang ada. Terigu kompas di jual Rp.7.500/kg, migor sawit harga Rp. 9.ribu/kg, migor kelapa Rp.10.000. Sementara untuk harga daging ayam ras dari Rp. 26 – 27 ribu/ekor, daging babi campur dari Rp. 45–48 ribu/kg. Cabe rawit Rp. 40 ribu/kg, cabe keriting 26 ribu/kg dan tomat Rp. 12 ribu/kg. Begitu pula dengan harga sayur mayur seperti bunga kol Rp. 40 ribu/kg. kol Rp.5 ribu/kg, kentang 8 ribu/kg, buncis Rp. 10 ribu/kg, akar kuning, 14 ribu/kg, dan ketimun 6 ribu/kg.

Perbandingannya, dengan harga di Multi Mart khusus daging ayam ras justeru lebih murah dari pasar bersehati. Multi Mart di jual dengan harga Rp. 23.900/ekor, sementara harga pasar bersehati Rp. 26–27 ribu/kg. Begitu pula dengan harga daging babi campur hanya beda Rp. 500 dengan harga multi mart. Yakni Rp.48.500/kg, sementara pasar bersehati dari Rp. 45–48 ribu/kg, termasuk gula pasir dimulti mart di jual dengan harga Rp. 12.150/kg, pasar bersehati, 10.500/kg. Selain itu harga daging masih lebih tinggi di multi mart, termasuk kebutuhan pokok lainnya.

Wagub mengatakan, dari hasil pemantauan tadi, terutama kebutuhan pokok masyarakat ketersediaannya cukup banyak dipasaran, jadi masyarakat tak perlu kuatir. Karena kebutuhan pokok masyarakat ini cukup banyak tersedia baik di pasar tradisional maupun pasar swalayan. Memang kami hanya melakukan sampel saja, namun percayalah bahwa dalam menghadapi Natal dan tahun baru semua kebutuhan ini cukup tersedia, ujarnya. Begitu pula dengan, gas elpiji Kansil mengatakan, sampai saat ini stoknya sangat banyak ada sekitar 41 ton yang telah disiapkan oleh PT. Sinar Pratama Cemerlang, dan ini cukup sampai dengan tahun baru, katannya sembari menyebutkan termasuk premium, solar, pertamax dan minyak tanah non subsidi, juga sangat banyak. Seperti di SPBU ring road dan SPBU winangun. Kedua SPBU ini setiap hari mendapat jatah sama dari pertamina misalnya, premium mendapat jatah 32 ribu kl/hari, solar 8 ribu kl/hari, pertamax 8 ribu kl/hari. Minyak yanah non subsidi di SPBU riang road di jual Rp.11 ribu/liter, tiap hari mendapat suplay dua truk tangki, ujar coordinator SPBU riang road, jelas Kansil.