Rabu, 26 September 2012 – 10:06 WITA Telah dibaca 5229 kali

Tata Cara Pembayaran Iuran Program Jamsostek

Penyetoran iuran yang dilakukan oleh pengusaha kepada Badan Penyelenggara, dilakukan setiap bulan dan disetor secara lunas paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya dari bulan iuran yang bersangkutan.

Iuran Jaminan Hari Tua (JHT) yang ditanggung tenaga kerja diperhitungkan langsung dari upah bulanan tenaga kerja yang bersangkutan dan penyetorannya kepada Badan Penyelenggara dilakukan oleh pengusaha.

Keterlambatan pembayaran iuran dikenakan denda dan ditanggung sepenuhnya oleh pengusahan. Pembayaran denda dilakukan sekaligus bersama-sama dengan penyetoran iuran bulan berikutnya.

Iuran program jaminan sosial tenaga kerja dan denda yang belum dibayar merupakan piutang Badan Penyelenggara terhadap pengusaha yang bersangkutan.

Badan Penyelenggara menghitung kelebihan atau kekurangan iuran program jaminan sosial tenaga kerja sesuai dengan upah tenaga kerja. Jika terjadi kelebihan atau kekurangan pembayaran, Badan Penyelenggara memberitahukan secara tertulis kepada pengusaha yang bersangkutan selambat-lambatnya tujuh hari sejak diterimanya iuran.

Kelebihan atau kekurangan pembayaran iuram dapat diperhitungkan dengan pembayaran iuran bulan berikutnya.

Dipersembahkan oleh PT Jamsostek (Persero) Cabang Sulawesi Utara
Tidak ada perdamaian abadi tanpa keadilan sosial
Tidak ada keadilan sosial tanpa jaminan sosial