Selasa, 7 Februari 2012 – 10:05 WITA Telah dibaca 1109 kali

Cap Go Meh Gabung Kunci Taong, Meriah

Lumentut: Pariwisata Sebagai Leading Sector

Semarak Cap Go Meh

Meriah. Itu kata yang tepat untuk menggambarkan perayaan ritual Cap Go Meh kota Manado yang disemarakkan dengan pelaksanaan Festival Seni Budaya (Kuncikan) Senin kemarin. Pelaksanaan ritual yang memiliki unsur budaya dan seni tersebut mendapat dukungan pemerintah kota dan provinsi. Tak kurang dari Djouhari Kansil wakil Gubernur Sulawesi Utara, Carlo Tewu Kapolda Sulawesi Utara dan Vicky Lumentut walikota Manado bersama Harley Mangindaan wakil walikota Manado hadir dalam helatan akbar bagi umat Kong Hu Chu di kota Manado tersebut.

Pelaksanaan kuncikan yang berpusatkan di Klenteng (Kampung Cina) Manado dihadiri banyak masyarakat Kota Manado. Walikota Manado mengatakan, pegelaran seni budaya tersebut akan menjadi agenda tahunan di Kota Manado, dan diharapkan agar bisa berperan mendorong persatuan serta kesatuan warga Kota Manado. "Sebagai Kota yang mengemban visi pariwisata, tentu akan menggandeng budaya sebagai salah satu bagian penting yang akan menjadi andalan. Pemkot Manado pada periode ini memutuskan untuk menjadikan pariwisata sebagai leading sector sehingga penting kiranya menjaga dan mengembangkan terlahirnya budaya di Kota Manado yang multi etnis", ungkap Lumentut dalam sambutannya.

Ketua Umum paguyuban Tinghoa di Sulawesi Utara, Hengky Wijaya yang juga pengusaha sukses di Manado menuturkan banyak pengamalam dan pengetahuan yang bisa diperoleh di Kota Manado ini dengan beragam budaya serta penghargaan terhadap heterogenitas agama menjadi contoh yang harus diteladani tentunya. "Saya mewakili semua warga Tionghoa di Kota Manado dan SULUT dalam kesempatan perayaan Cap Go Meh 2012 ini, tentu mengucapkan syukur yang sedalam dalamnya atas kerjasama yang baik dari pemerintah Kota Manado, terkhusus Dinas Parawisata Kota Manado yang dibawa pimpinan Peter Assa, pemerintah Provinsi SULUT, Kapolda SULUT, beserta semua masyarakat yang telah sama-sama menjaga keamanan, sehingga tercipta kenyamanan dalam kegiatan ini", ungkapnya.