Minggu, 6 November 2011 – 15:37 WITA Telah dibaca 1129 kali

Gubernur dan Wagub Hadiri Sholat Idul Adha

Foto ilustrasi.

Gubernur Sulawesi Utara Dr. Sinyo Harry Sarundajang dan wagub Dr. Djouhari Kansil, MPd dalam rangka perayaan hari raya Idul Adha 1432 H mengikuti Solad Idul Adha bersama umat muslim Kota manado di Masjid Raya Ahmad Yani, Minggu (6/11).

Usai Solad, Gubernur Sarundajang menyerahkan bantuan hewan kurban kepada pengurus Masjid Ahmad Yani untuk dibagi-bagikan kepada para kaum duafa. Hal yang sama juga dilakukan Kansil di Masjid An-ni’mah Tuna B Kelurahan Kombos Barat.

Baik Sarundajang maupun Kansil saat menyampaikan sambutannya di kedua Masjid itu mengatakan, Idul Adha dan peristiwa kurban yang setiap tahun dirayakan oleh umat muslim di dunia, termasuk di Daerah Bumi Nyiur Melambai Sulawesi utara tidak lagi dimaknai sebatas proses ritual, akan tetapi diletakan pula dalam konteks peneguhan nilai-nilai kemanusiaan dan spirit keadilan, serta lebih mendekatkan diri kepada Allah sebagaimana pesan utama dari ajaran agama.

Menurut keduanya, Idul Adha merupakan refleksi atas catatan sejarah perjalanan kebajikan manusia masa lampau untuk mengenang perjuangan monoteistik dan humanistik yang ditorehkan oleh Nabi Ibrahim, dimana melalui keteladanannya mampu mentransformasikan pesan keagamaan dalam aksi nyata perjuangan kemanusiaan, ujar keduanya.

Karena itu melalui momentum peringatan ini umat Islam semua diajak untuk lebih meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan yang maha kuasa, serta makin menumbuh-suburkan rasa kepedulian terhadap sesama melalui kesediaan berkorban dengan tulus iklas membantu saudara kita yang berkekurangan, harap Sarundajang dan Kansil.