Jumat, 12 Agustus 2011 – 11:41 WITA Telah dibaca 1092 kali

Ma’ruf Ingatkan Pemilik Perusahaan Tepat Waktu Beri THR

Menjelang Hari Raya Idul Fitri seluruh pekerja akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Hal ini lazim dilakukan dan menjadi hak para pekerja setelah mengabdi di dalam perusahaan tempat bekerja.

Hal ini diingatkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Manado, Ubaidillah Ma’ruf. Ubaidillah mengingatkan kembali para pemilik usaha agar tepat waktu dalam memberikan THR bagi tenaga kerja. Mengingat sudah menjadi keputusan Menteri Tenaga Kerja nomor 4 tahun 1994 mengenai kewajiban perusahaan dalam membayar THR paling lambat H-7.

"Artinya menjelang 7 hari sebelum hari raya keagamaan harus segera dibayarkan. Pembayaraan THR tentunya sangat membantu para pekerja dalam memenuhi segala kebutuhan rumah tangganya di saat menyambut hari raya keagamaan, sehingga jangan ada lagi pihak perusahaan yang main kucing-kucingan terhadap kami", tegas Ma’ruf.

Ma’ruf juga menjelaskan, "terkait perhitungan pembayaraan THR, bagi para pekerja yang sudah bekerja selama 3 bulan perhitungannya, 3 bulan masa kerja di bahagi 12 baru di kali besar gaji yang didapatkan. Hal yang sama juga jika para pekerja dalam pengabdiannya sudah bekerja selama 1 tahun, perhitungannya 1 bulan gaji full tanpa ada potongan apa pun", kata Ma’ruf.

Ma’ruf menambahkan bagi perusahaan yang tidak membayar THR bagi karyawan tentunya akan ada sanksi yang diberikan. "Sanksi ini bukan bersifat pidana, akan tetapi jelas Ma’ruf mengingatkan masalah THR sudah melibatkan banyak orang, secara otomatis akan Kami tindaki lewat nota yang dikeluarkan langsung melalui Dinas Tenaga Kerja sebagai bahan catatan buruk terhadap perusahaan yang tidak memberikan THR", pungkas Ma’ruf. Menurutnya, pihaknya dalam waktu dekat ini akan menurunkan Tim Pemantau dalam mendeteksi 10 hari ke depan menjelasng hari Raya.

"dan kami juga akan membuka posko line up denagn nomor 0431–852107. Ini juga memberikan kenyamanan sesuai dengan misi kota Manado, menjadikan Manado sebagai kota menyenangkan", ungkapnya.