Kamis, 2 Juni 2016 – 06:24 WITA Telah dibaca 1148 kali

Teluk Manado Menjadi Pelabuhan Khusus Penumpang dan Kapal Wisata

Keindahan Teluk Manado dari atas Star Square Manado
SUARAMANADO,Manado. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey akan jadikan Teluk Manado menjadi Pusat Pelabuhan Penumpang baik untuk Kapal PELNI maupun Kapal Wisata mewah seperti Crueiss sehingga tamu langsung ke Manado tanpa melalui Pelabuhan Bitung lagi.

Kata Olly, sesuai perencanaan kedepan Pelabuhan Manado yang ada sekaran akan dikhususkan bagi kapa-kapal Wisata seperti Crueiss yang datang dari berbagai daerah di Indonesia bahkan kapal wisata Internasional. Sesuai persentasi dari PT. Pelindo maka wilayah pesisir Utara Kota Manado akan dikembangkan sebagai Wilayah Pelabuhan Penumpang mulai dari muarah sungai Tondano hingga lokasi Pelabuhan Pantai Perikanan yang ada di Tumumpa sebagai pusat kegiatan kapal-kapal penumpang baik Kapal PELNI dan kapal penumpang antar pulau dengan rencana Anggaran Rp. 1 Triliun bersumber dari APBN.

Sebaliknya Pelabuhan Bitung akan dijadikan pelabuhan Khusus Barang baik bongkar muat peti kemas hingga barang komoditi antar daerah di Sulawesi Utata atau dari propinsi yang lain. Jadi pelabuhan Bitung tidak lagi disinggahi kapal penumpang, saat ini melalui PT Pelindo menurut Olly, sedang dilakukan pembangunan pelabuhan Bitung sebagai pelabuhan barang dengan jumlah dana Rp. 360 Miliar bersumber dari APBN yang dikelolah lewat PT. Pelindo (Persero).(jansen)