Kamis, 26 Mei 2016 – 00:19 WITA Telah dibaca 421 kali

Inilah Alasan Walikota Tentang Dialihkannya Penanganan Sampah kepada Kecamatan

SUARAMANADO.Manado. Terhitung mulai Tanggal 5 Juni 2016 mendatang masalah sampah di Kota Manado beralih dibawah tanggung jawab masing-masing Kecamatan se Kota Manado.

Hasil rapat Koordinasi bersama Dinas Kebersihan Pertamanan dan para Camat se Kota Manado diruang TOLU (26/5) menghasilkan kesepakatan tentang penanggung jawab kebersihan berada di masing-masing Kecamatan dibawah koordinasi Camat se Kota Manado.

Dijelaskan Maxmilian Tatahede, S.Sos selaku Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Manado bahwa pihaknya akan menyerahkan seluruh armada pengangkut sampah kepada Kecamatan yang disesuaikan dengan beban dan volume sampah yang ada di Kecamatan tersebut.

Terkait Tenaga Kerja kebersihan akan dibayarkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan sesuai laporan abesensi petugas di Kecamatan, demikian juga masalah pemeliharaan kendaraan pengangkut sampah masih menjadi tanggung jawab Dinas Kebersihan dan Pertamanan.

Jadi yang diserahkan ke Kecamatan hanya terkait kebersihan dimasing-masing wilayah Kecamatan yang dikoordinir Camat, karena terkait Penganggaran masih melekat di Dinas Kebersihan dan Pertamanan atau belum dialihkan di tiap Kecamatan, jelas Tatahede.

Walikota Manado Dr. G.S.V. Lumentut dalam arahan usai Ibadah Oikumene TP. PKK Kota Manado di Ruang Serba Guna (26/5), menjelaskan alasan dialihkannya urusan kebersihan menjadi tanggung jawab masing-masing Camat.

Kata Walikota, salah satu alasannya adalah Kota Manado gagal meraih Adipura Tahun yang lalu karena faktor kebersihan yang tidak tertangani secara baik.

Selanjutnya pasca dialihkan tanggung jawab kebersihan kepada Camat maka Dinas Kebersihan dan Pertamanan akan lebih diberikan beban kerja terkait penataan Taman Kota. Karena kata Lumentut, selama ini taman kota kurang mendapat perhatian dan pemeliharaan setelah dibangun dengan dana yang sangat besar. (jansen)