Jumat, 19 Februari 2016 – 18:48 WITA Telah dibaca 1606 kali

Anak Anggota Dewan Manado Coblos Dua Kali

Kecurangan Kubu GSVL-Mor Mulai Terungkap

Lucky Senduk

SUARAMANADO, MANADO – Berbagai upaya dilakukan untuk menang pada Pilkada Susulan 2016. Termasuk menghalalkan segala cara, semisal dilakukan pendukung calon nomor urut 3, pasangan Godbless Sofcar Vicky Lumentut – Mor Bastian (GSVL-Mor).

Aksi curang menariknya dilakukan anak dari Anggota DPRD Kota Manado dari Fraksi Partai Demokrat inisial DJR alias Deasy untuk memenangkan pasangan GSVL-MOR yang diusung Partai Demokrat.

Anak legislator ini tertangkap mencoblos di dua TPS (Tempat Pemungutan Suara), yakni di TPS 08 dan TPS 09 Kelurahan Teling Atas, Kecamatan Wanea. Jika di TPS 08 pelaku menggunakan kertas undangan, kemudian di TP 09 dengan menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Atas perbuatannya, oknum terancam hukuman kurungan 18 bulan penjara, menyusul rekomendasi Panwas setempat kasus tersebut ke Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu) Kota Manado.

"Anak legislator ini mencoblos di TPS 8 dan TPS 9 Kelurahan Teling Atas, Kecamatan Wanea dengan menggunakan undangan dan menggunakan KTP. Saya tahu Panwas sudah membuat laporan ke Gakumdu untuk diproses", ungkap salah satu saksi pasangan calon, Jumat (19/02/2016).

Pendukung fanatis Hanny Joost Pajouw dan Gregorius Tonny Rawung

Terpisah, Ketua Bappilu PDIP SULUT Lucky Senduk mengatakan, informasi kasus sudah diterima tim kandidat yang diusung PDIP. Tindakan anak oknum anggota dewan itu mencoreng demokrasi di Pilkada Kota Manado.

"Sudah diproses di Gakumdu, dan kami juga akan memproses secara administratif sesuai Undang-undang Pemilu sebagai pelanggaran berat. dan jika dikumpulkan dengan laporan-laporan masyarakat lain, memang banyak kecurangan yang dilakukan pendukung pasangan lain", ujar Lucky, pihaknya akan merekomendasi Pemungutan Suara Ulang (PSU)", pungkas Senduk.