Senin, 21 Desember 2015 – 04:49 WITA Telah dibaca 638 kali

Masyarakat Diminta Memberikan Masukan dan Saran

16 Calon Anggota Komisioner Informasi SULUT Masuk Tahap Uji Publik

KIP SULUT

SUARAMANADO, Manado: Ada 16 Calon anggota KIP Sulawesi Utara masuk tahap uji publik Sebanyak enam belas orang calon anggota Komisi Infomrasi Provinsi Sulawesi Utara telah dinyatakan lulus tes terulis, mulai hari ini, Senin (21/12) hingga Rabu (6/1) masuk pada tahap uji publik. Dalam tahap ini, para calon komisioner di badan yang bersangkutan dengan penyelenggaraan keterbukaan informasi publik ini, para calon dinilai oleh masyarakat. Masyarakat juga boleh memberikan masukan dan saran menyangkut tokoh-tokoh tersebut.

Ketua Panitia Seleksi yang juga Kepala Dinas Kominfo SULUT, Drs. Joi E.B. Oroh minggu kemarin mengatakan, masyarakat diminta memberikan masukan maupun saran menyangkut keberadaan para tokoh tersebut sebagai calon anggota Komisi Informasi yang kelak berperan besar dalam melancarkan sistem informasi badan publik kepada masyarakat sendiri.

Sebelumnya, 21 peserta telah melewati seleksi berkas dari 41 pelamar yang mendaftar. Peserta yang lolos seleksi administrasi berhak mengikuti ujian tertulis menyangkut berbagai materi perundang-undangan, yakni mengenai dasar Negara (UUD 1945), hak asasi manusia (UU Nomor 39 tahun 1999), telekomunikasi (UU Nomor 36 tahun 1999), pers (UU Nomor 40 tahun 1999), penyiaran (UU Nomor 32 tahun 2002), informasi dan transaksi elektronik (UU Nomor 11 tahun 2008) serta keterbukaan informasi publik (UU Nomor 14 tahun 2008).

Lolos dari uji publik peserta diminta membuat karya tulis mengenai visi dan misinya sebagai komisioner dilanjutkan dengan kegiatan seleksi dinamika kelompok oleh Tim Psikologi serta wawancara. Selanjutnya, sepuluh nama yang lolos akan diajukan kepada Gubernur dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Utara. Para calon akan mendapatkan ujian Fit and Proper Test oleh DPRD Provinsi SULUT di awal Februari tahun depan hingga terjaring 5 orang yang kemudian akan ditetapkan oleh Gubernur Sulawesi Utara. Dijadwalkan, pada 5 April 2015, Para komisioner terpilih akan dilantik oleh gubernur Sulawesi Utara.

Enam belas calon yang lulus ujian tertulis dan masuk pada tahap uji publik, sebagaimana diumumkan Panitia Seleksi pada tengah minggu kemarin, yaitu: Andre Mongdong, Andrew Pinontoan, Apries Mandome, Boy Lalamentik, Ellen Manueke, Habel Runtuwene, Haris Vanderslot, Isman Momintan, Jootje Kumajas, Lanny Ointu, Margaretha Rorong, Michael Polii, Nolly Londa, Philep Regar, Raymond Pasla dan Reddy Sumual. Empat dari nama di atas merupakan Komisioner incumbent, sementara lainnya merupakan tokoh masyarakat dan pejabat publik. (yg)