Senin, 24 Agustus 2015 – 07:02 WITA Telah dibaca 807 kali

Elly-David Terpental, Olly-Steven dan Maya-Glen Duel

KPU Loloskan 2 Pasang Calon

KPU SULUT hari ini, Senin (24/8) memutuskan penetapan calon peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara. dari tiga pasangan yang digadang, satu pasangan terpental ke luar dan dua lainnya dinyatakan lolos.

Diputuskan, dua pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur memenuhi syarat dan satu pasangan tidak memenuhi syarat, demikian disampaikan Ketua KPU SULUT, Yessy Momongan didampingi seluruh Komisioner dalam Konferensi Pers malam tadi.

"Sesuai hasil pleno KPU SULUT, maka kami menyatakan ada dua pasangan bakal calon yang memenuhi syarat, yaitu pasangan Olly Dondokambey – Steven Kandouw dan Maya Rumantir – Glenny Kairupan. Semua persyaratan yang harus dimasukkan ke KPU lengkap dan memenuhi syarat", ujar Dr. Ardilles Mewoh S.I.P, M.Si.

Lanjutnya, ada satu pasang bakal calon yang tidak memenuhi syarat dikarenakan salah satu persyaratan dinilai tidak memenuhi syarat. "Untuk pasangan Elly Lasut – David Bobihoe, khusus untuk Elly Lasut, dari sekitaran 10 persyaratan hanya 9 yang memenuhi syarat. Satu persyaratan yang tidak memenuhi adalah salinan putusan mengenai status yang bersangkutan sebagai mantan narapidana. dari data yang kami kumpulkan, masa tahanan yang harus dijalani sampai 24 Agustus 2016. Jadi pasangan Elly Lasut-David Bobihoe dinyatakan tidak memenuhi syarat", jelasnya.

Dengan demikian, dua pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 adalah Olly Dondokambey – Steven Kandouw yang diusung PDIP dan NasDem, serta Maya Rumantir – Glenny Kairupan yang diusung Partai Gerindra dan Demokrat.