Senin, 24 Agustus 2015 – 07:03 WITA Telah dibaca 794 kali

Masyarakat Sambut Penetapan Pilkada SULUT

SUARAMANADO, Manado: Hari penetapan pasangan calon Pilwako dan Pilkada yang jatuh pada hari ini, Senin (24/8), merupakan hari yang dinanti-nantikan oleh peserta pasangan calon yang telah terdaftar di Komisi Pemilihan Umum Kota Manado, maupun di Komisi Pemilihan Umum Propinsi Sulawesi utara sedari juli kemarin.

Adapun kesimpangsiuran informasi yang diterima masyarakat kota bumi nyiur melambai ini bervariasi dengan beragam warna opini kaum spekulan secara sengaja memberikan statement-statement miring, yakni mengdiskreditkan salah satu pasangan calon, serta-merta membuat opini-opini sensasi mengenai pasangan calon Pilwako maupun Pilkada.

Salah satu warga kota Manado, ketika dijumpai disela-sela kesibukannya mengais rejeki, selaku sopir angkutan umum/mikrolet, trayek jalan 14 Februari-Teling, pada malam tadi pukul 18.33 WITA, menuturkan keluh kesahnya pada wartawan media ini.

"Kitorang sebenarnya nyanda talalu pusing deng sapa dorang tu yang mo jadi walikota/wakilnya, apalagi, sapa jo dorang yang mo tadudu jadi gubernur/wakilnya. Kar’na kita pikir lebe bae mancari for mo ba stor pa ehnar deng ba stor pa maitua kasiang. Yang penting, kitorang boleh makang deng mo kase makang bini deng anak-anak dirumah. Cuman yang kitorang khawatirkan, itu carita-carita miring yang beking bisae iu nama-nama pasangan calon, dengan dorang bekeng lahan mata pencarian berbahasa proyek kata", keluh Obe Sarapaung.

Sejumlah pihak dari basis pemenangan pasangan calon Pilwako dan Pilkada, yang ditemui secara terpisah, dengan gamblang membantah isu-isu miring, yang mengatasnamakan pasangan yang diusung.

"Sebaiknya kita kesampingkan saja dahulu, dan kita serahkan saja kepada suara demokrasi di provinsi ini", ujar salah seorang Tokoh Masyarakat Nusa utara, yg menyarankan namanya tidak dipublikasikan tersebut. (N.Kansil-Manado)