Selasa, 30 April 2013 – 11:21 WITA Telah dibaca 1236 kali

Kepolisian Tidak Mau Kecolongan Lagi di Pikada Kab. Mitra

Apel Pengamanan Pilkada Minahasa Tenggara di Ratahan Dipimpin Kabag. Ops polres Minahasa Selatan, Kompol. Adrian Hariyanto, Sik
SUARAMANDO. Mitra. Jajaran Kepolisian nampaknya tidak mau lagi terjadi kecolongan terhadap pengamanan proses Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).Seperti pengalaman sebelumnya saat Pemilukada pertama Minahasa Tenggara Tahun 2008 yang lalu, hingga terjadi tindakan anarkis dari salah satu pendukung Cabup yang kalah.

Tindakan antisipasi jajaran Kepolisian Daerah Sulawesi Utara untuk pengamanan proses Pemilukada di Minahasa Tenggara dinilai sangat tepat agar pengalaman buruk masa lalu tidak terjadi lagi. Kapolres Minahasa Selatan, melalui Kabag Ops. Kompol. Andri Hariyanto, Sik. Ditemui saat selesai pemeriksaan dan pengarahan pasukan saat pencabutan nomor urut Cabup / Cawabup peserta pemilukada Kab. Mitra, di Ratahan (29/4), menjelaskan jumlah personil yang diturunkan jajaran Kepolisian.

Polres Minahasa Selatan, turun dengan kekuatan penuh dan diback up oleh personil POLDA SULUT. Menurut, Hariyanto, pasukan yang diterjunkan dalam pengamanan Pilkada Minahasa Tenggara terdiri dari, 1 Peleton pasukan Brimob, 1 Peleton pasukan Sabara Polda. 1 Unit GEGANA Polda. 1 Unti Intelkam Polda. 1 Kompi pasukan Polres Minsel, dan 1 Peleton pasukan dari seluruh Polsek yang ada di Mitra. Hingga saat ini, sejak tahapan pendaftaran Cabup / Cawabup hingga proses pencabutan nomor urut, menurut, Hariyanto, belum ada gangguan keamanan yang menonjol terkait tahapan Pilkada di Mitra.

Untuk itu, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat, terutama kepada masing-masing pasangan Cabup & Cawabub yang telah bekerja sama menjaga keamanan hingga tetap terjaga dalam suasana yang kondusif. Kedepan dalam proses tahapan Pilkada selanjutnya hingga pada hari " H " tanggal 13 Juli 2013, jajaran kepolisian akan terus melakukan pengamanan.

Jika dipandang perlu membutuhkan pengamanan yang lebih, maka pihaknya akan menambah jumlah pasukan baik dari Polres Minsel sendiri dan dari Polda SULUT. Ditambahkan, Hariyanto, diharapkan kondisi keamanan di Mitra akan tetap kondusif hingga selesainya pelantikan Bupati dan Wakil Bupti yang baru. (Jansen)