Rabu, 17 April 2013 – 19:02 WITA Telah dibaca 828 kali

Tiga Colly Soal Ujian Nasional Nyasar ke SULUT

Document Unjian Nasional dari Polowali Mandar Yang Nyasar ke SULUT
SUARAMANADO, Manado. Akibat kurang telitinya pengiriman soal ujian Nasional tingkat SMA sederajat dari Pusat, mengakibatkan tiga Colly Soal Ujian dari Kabupaten Polowali Mandar nyasar ke Sulawesi Utara.

Pantauan SUARAMANADO di Kantor Dinas Pendidikan & Kebudayaan Provinsi Sulawesi Utara, nampak kesibukan petugas dan panitia menurunkan sola ujian nasional yang baru saja tiba hari ini, Rabu (17/4) via Bandara Sam RAtulangi Manado. Tampak kesibukan dari panitia UN dari tingkat Provinsi dan Kabupaten / Kota se SULUT, langsung mengamankan jatah soal ujian yang telah tertulis dengan jelas nama sekolah dari masing-masing Kabupaten/Kota.

Star Wowor, Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Prov. SULUT

Setelah selesai pembongkaran 134 Colly soal ujian sesuai manifest pengiriman, didapati ada kelebihan 3 colly soal yang membuat petugas kebingungan apakah akan diturunkan atau tidak. Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Provinsi SULUT, Star Wowor didampingi Rektor UNIMA Philoteus Tuerah bersama aparat kepolisian yang turut mengawasi pembongkaran document soal ujian, mengambil keputusan untuk menurunkan kelebihan 3 colly soal bertuliskan Kabupaten Polowali Mandar tetapi juga tertera nama Provinsi Sulawesi Utara.

Menurut, Star Wowor, kelebihan 3 colly soal ujian masing-masing Bahasa Indonesia, IPS dan untuk SLB akan ditahan sebagai cadangan soal untuk SULUT dalam mengantisipasi apabila terjadi kekurangan soal di salah satu sekolah. ke 3 colly kelebihan soal tersebut akan dibuatkan berita acara penerimaan secara khusus.

Dilain pihak, Philoteus Tuerah, Raktor Universitas Negeri Manado, yang diberi tugas mengawasi pelaksanaan UN, terkait kelebihan 3 colly soal ujian, menurutnya akan dikoordinasikan dengan kementrian Pendidikan akan diapakan kelebihan tersebut.

Setelah menunggu beberapa hari atas keterlambat pelaksanaan Ujian Nasional, akhirnya besok Kamis (18/4) seluruh siswa SMA sederajat akan memulai ujian secara nasional sesuai dengan jadwal yang ada, jelas Wowor. Danie Lampus, selaku panitia penyaluran soal ujian nasional tingkat Provinsi Sulawesi Utara, mengaku seluruh Kabupaten/Kota telah lengkap semua document soal ujian. dengan demikian tidak ada permasalahan untuk pelaksanaan ujian nasional pada besok hari, Kamis (18/4–2013). (Jansen)