Minggu, 10 Maret 2013 – 16:33 WITA Telah dibaca 855 kali

Menteri ESDM Resmikan PLTP Lahendong IV

PLTP Lahendong IV Sumber Daya Mineral yang bertempat di PLTP Lahendong Kelurahan Pangolombian Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon Kamis (7/3) kemarin diresmikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ir. Jero Wacik, SE.

Turut hadir dalam kegiatan ini FKPD Provinsi SULUT; Kapolda SULUT, Danlantamal VIII, Danrem 131 Santiago dan Kajati SULUT, Wakil Gubernur SULUT Drs Djouhari Kansil, Direktur Utama PT PLN Persero Wil Sultenggo Nur Pamuji, General Manager PT PLN Persero Wil Sultenggo Santoso Januarsono dan Jajaran Pemerintah baik Kota Tomohon maupun Provinsi SULUT.
Walikota Tomohon dalam sambutannya mengatakan bahwa unit mesin PLTP Lahendong yang berkedudukan didalam lingkup Kota Tomohon yaitu di Kel Tondangouw dan Kel Pangolombiaan ini mampu membangkitkan daya sampai dengan kurang lebih 80.000 Kilowatt.
Melihat strategisnya peran Kota Tomohon dalam daya pasok listrik menjangkau beberapa daerah maka harapan besar dari Pemerintah Kota Tomohon terkait dengan peresmian unit PLTP Lahendong ini ialah Ada manfaat yang sebesar besarnya terhadap kemajuan perkembangan Kota Tomohon yang secara langsung berdampak positif pada masyarakat.

11Sementara ini dalam sambutannya Jero Wacik mengatakan bahwa dalam rencana APBN Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral adalah mendorong energi-energi baru dan terbaru seperti pula yang diperintahkan bapak Presiden Indonesia kita, karna Indonesia saat Indonesia mempunyai 50 ribu Kandungan Geotermal di bawah tanah Indonesia dan dikarunia panas Bumi yang besar karna mempunyai banyak sekali gunung berapi.

Lanjutnya pula bahwa masyarakat perlu memperoleh pemahaman yang benar tentang pembangkit listrik tenaga panas bumi karna masyarakat menganggap uap yang keluar adalah racun, "Panas Bumi bukan racun melainkan uap".
Menteri ESDM bersama Walikota Tomohon bersama rombongan meninjau mesin Pembangkit Listrik Tenaga Uap 2.5 Mega Watt dan ruang Kontrolnya mengahiri acara ini.

01 02 03 04 05 07 09 14

egy