Rabu, 30 Januari 2013 – 01:40 WITA Telah dibaca 1301 kali

Konsolidasi APTIKOM SULUT Berlangsung Secara Kekeluargaan dan Demokratis

Lucky Mangkey,Ketua APTIKOM SULUT Terpilih

Lucky Mangkey Ketua APTIKOM SULUT

SUARAMANADO, Manado: Konsolidasi APTIKOM SULUT berjalan dengan lancar, terkendali dengan baik dan menetapkan Lucky Mangkey sebagai Ketua yang definitif periode pertama.

Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) Indonesia mengoptimalkan keorganisasian dengan membentuk pengurus APTIKOM di setiap provinsi di Indonesia. Untuk maksud tersebut Ketua Umum APTIKOM Prof. Eko Indrajid bersama Sekjen Prof. Zainal Hasibuan berkunjung ke daerah nyiur melambai beberapa waktu lalu. Pada kesempatan itu disampaikan kepada anggota APTIKOM di provinsi SULUT bahwa perlu dibentuk pengurus APTIKOM SULUT yang definitif melalui proses demokrasi.

Atas petunjuk pimpinan pusat maka pengurus APTIKOM SULUT yang terdiri dari perguruan tinggi swasta dan negeri yang memiliki program studi Ilmu Komputer dan Informatika mengadakan konsolidasi. Setelah beberapa kali mengadakan rapat pembentukan pengurus akhirnya Selasa, 29/01/13 organisasi pencetak ahli komputer ini memberikan mandat kepada Lucky Mangkey sebagai Ketua.

Rapat Pemilihan Pengurus APTIKOM SULUT

Rapat dipimpin oleh ibu Rosdiana Simbolon, sebagai Konsolidator pembawa mandat APTIKOM Pusat. Pemilihan diawali dengan kriteria ketua dan mekanisme pemilihan. Kriteria ketua intinya memiliki kapasitas, kompetensi dan keberterimaan baik internal maupun eksternal organisasi. Kriteria yang mutlak juga adalah ketua harus pengurus yang aktif di organisasi, telah menujukan loyalitas kepada organisasi dan terdaftar sebagai anggota APTIKOM dan Anggota Milis APTIKOM.

Mekanisme pemilihan dilksanakan secara aklamasi dimana masing-masing anggota terlebih dahulu mengusulkan nama calon disertai kampanya singkat profil dan alasan yang bersangkutan mencalonkan idolanya. dari 16 pemilik hak suara, Mangkey mendapatkan dukungan penuh sebanyak 12 suara dan menang dari calon-calon lainnya. Saat itu juga telah terpilih Wakil Ketua Hasanudin Sirait, Sekretaris Yulian Rindengan dan Bendahara Alicia Sinsuw. Kepengurusan pertama ini belum dapat menentukan masa periode kepengurusan karena masih menunggu petunjuk pengurus pusat. Rapat dilanjutkan dengan memilih beberapa pengurus dan anggota bidang/divisi sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Ketua terpilh dalam sambutannya mengatakan bahwa beliau menaruh apresiasi yang tinggi kepada anggota yang telah memberikan mandat untuk memajukan APTIOKN di Sulawesi Utara. Juga penghargaan yang tinggi kepada Pengurus APTIKOM Pusat melalui Ibu Rosdiana Simbolon dan Bpk. Solikin Pimpinan APTIKOM Pusat yang membidangi organisasi yang telah memfasilitasi konsolidasi ini. Dalam waktu dekat ini pengurus APTIKOM SULUT akan silahturahmi ke kampus-kampus anggota APTIKOM di SULUT dan akan mengajak semua dosen Komputer dan Informatika di semua perguruan tinggi di SULUT untuk bergabung dan memajukan organisasi ini untuk kemajuan ICT di Indonesia.

Aptikom SULUT juga akan mengadakan acara-acara ilmiah di bidang ICT dan pengembangan SDM dengan mencari para donatur untuk beasiswa S2 dan S3 untuk dosen anggota APTIKOM. Juga dalam waktu dekat APTIKOM SULUT akan membangun fasilitas infrastruktur jaringan lokal untuk saling bagi pakai konten E-learning antar anggota APTIKOM di SULUT, demiikian sekilas visi dan misi yang disampaikan oleh ketua terpilih yang juga sebagai pemilik ISP (Internet Service Provider) terbesar di SULUT.

APTIKOM SULUT juga akan bersinergi dengan pemerintah Provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota di Sulawesi Utara untuk membangun ICT di daerah ini serta mencetak tenaga-tenaga ahli di bidang ini. APTIKOM akan membantu semua perguruan tinggi di SULUT yang membutuhkan jasa ICT untuk meningkatkan pembelajaran online (E-Learning) demi meningkatkan jumlah APK (Angka Partisipasi Kasar) tamatan SMA untuk merasakan pendidikan di perguruan tinggi sesuai dengan petunjuk Wakil Presiden RI dalam Forum Rektor Indonesia di Kota Semarang dua minggu yang lalu demikian tutup Lucky Mangkey yang juga sebagai Rektor di Universitas Nusantara Manado.