Selasa, 4 Desember 2012 – 12:21 WITA Telah dibaca 1059 kali

Indoryono Usul Areal Tambang Eks. NMR Jadikan Taman Nasional

Sekretaris Menko Kesra Prof. DR Indroyono Soesilo mengusulkan kepada pemerintah Kabupaten Mitra dan Boltim untuk mejadikan areal tambang eks PT Newmont Minahasa Raya (NMR) di Ratatotok-Buyat sebagai taman nasional. Hal ini penting agar dua pemerintahan di kabupaten ini bisa menjadi contoh bagi pemerintah kabupaten/kota lainnya di tanah air. Pernyataan menarik dari Ketua YPBSU ini dilontarkannya saat menyampaikan, sambutan usai penyerahan bantuan dari YPBSU kepada Mitra dan Boltim di ruang Huyula kantor Gubernur, Senin (3/12) kemarin.
Indroyono yang telah mendapat gelar kehormatan sebagai warga SULUT, karena pernah berjasa menyukseskan World Ocean Converence (WOC) dan CT Summit tahun 1999 lalu, dan pelatihan ARF Direx menambahkan, terkait dengan tanaman yang akan ditanam di lahan eks tambang itu, termasuk tenaga peneliti, pihaknya bersedia membantu untuk mengkomunikasikan dengan kementerian atau lembaga negara yang ada di pusat. Pokoknya yang penting disini adanya kesiapan dari dua daerah yang bertetangga ini menyatakan siap, maka Dia akan membantunya, sebab dengan demikian jika areal eks tambang ini dijadikan taman nasional itu berarti dua kabupaten ini telah membantu pemerintah dalam hal menciptakan Climate Change. Sembari menyebutkan saat ini sudah ada beberapa daerah di tanah air yang sedang melakukannya di lahan eks pertambangan.
Usai acara makan siang bersama, Indoryono Soesilo, menginformasikan bahwa tanggal 15 Desember 2012 mendatang, Dia akan meninggalkan Indonesia selanjutnya akan bertugas di UNESCO salah satu Badan Dunia yang bergerak di bidang pendidikan, Iptek dan Kebudayaan. Dimana Indroyono sendiri, kini telah dipercayakan sebagai salah satu direktur dan merupakan satu-satunya putra Indonesia yang duduk di salah satu lembaga dunia tersebut. Sekaligus ingin pamit dengan warga SULUT, ujar pria yang murah senyum yang beristrikan kakak kandung mantan MenKeu Ibu Sri Mulyani yang kini bertugas di World Bank. Kabag Humas Ch. Sumampow, SH M.Ed selaku jubir pemprov).