Jumat, 20 Juli 2012 – 16:30 WITA Telah dibaca 2503 kali

Peran Advokat Dalam Penegakan Hukum

Kongres Advokat Indonesia Sulawesi Utara Laksanakan Diklatsus

Pendidikan dan Pelatihan Khusu bagi para advokat yang baru saja dinyatakan lulus sebagai advokat dilaksanakan di Aston Manado (20/7) oleh oganisasi Kongres Advokat Indonesia Sulawesi Utara.

Ketua Kongres Advokat Indonesia Provinsi Sulawesi Utara, John Sada, melaporkan dari 53 peserta yang dinyatakan lulus ujian, hanya 41 satu orang menyatakan siap mengikuti diklatsus yang diselenggarakan DPD Kongers Advokat Indonesia Provinsi SULUT.

Menurut John, hal seperti ini biasa te.rjadi didunia profesi Advokat dari tahun ketahun sejak kepemimpinannya tahun 2009. Profesi advokat biasanya terjadi seleksi alam, jadi walaupun telah lulus ujian, tetapi ada yang memilih tidak melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu Pendidikan Pelatihan Khusus sebagai Advokat sebagai pesyaratan untuk dapat dilantik sebagai Advokat

.Pelatihan ini penting sebagai sarana pembekalan tentang tatacara hukum Advokat sekaligus guna menanamkan kode etik profesi sebagai Advokat atau pengacara. Karena kedepan dalam menjalankan tugas sebagai Advokat banyak hal yang harus ditangani dan tantangan yang cukup berat.

Para Advokat muda, harus kerja ekstra keras dalam persaingan di jalur pengacara, agar bisa sejajar dengan para senior yang telah lebih dahulu di bidang advokasi. Kegiatan yang dihadiri Wakil Presiden Kongres Advokat Indonesia, Petrus Balapationa, sekaligus membuka dan menjadi pembicara utama merupakan kesempatan yang berharga untuk saling tukar pengalaman.

Dalam pemaparannya, Petrus Balapationa, menceritakan cikal bakal berdirinya Kongres Advokat Indonesia yang berdirinya sesuai dengan UU. 18 Tahun 2003 tentang pembentukan organisasi Advokat, yang mengamanatkan bahwa organisasi dibentuk oleh para Advokat.

Dengan berbagai perjuangan maka terbentuklah organisasi Kongres Advokat Indonesia pada bulan Mei tahun 2008. Untuk DPD Kongres Advokat Indonesia Provisi Sulawesi Utara dibetuk Tahun 2009 yang diketuai oleh John Sada SH. (Jansen)