Senin, 7 Mei 2012 – 19:04 WITA Telah dibaca 1323 kali

PNS Menanam, Polisi Bakobong dan Gerakan Sentuh Tanah Dicanangkan di Manado

Walikota berbaur dengan PNS menanam.

Senin (7/5) bertempat di Kelurahan Malendeng Kecamatan Tikala, Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pertanian Kota Manado bekerjasama dengan Polda Sulawesi Utara mengadakan kegiatan PNS Menanam, Polisi Ba Kobong dan Gerakan Sentuh Tanah. Hal ini merupakan rangkaian kegiatan Polisi bakobong bersama PNS dan masyarakat dalam rangka Mapalus Kamtibmas untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Hadir dalam kegiatan, ini Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Djouhari Kansil, Kapolda SULUT, Brigjen (Pol) Drs. Dicky D. Atotoy, Danlanudsri Manado, Letkol Pnb Jorry Koloay, Danlantamal VIII Manado, Laksma Guguk Handayani, Walikota Manado, GS Vicky Lumentut serta seluruh pimpinan SKPD di Kota Manado.

Walikota Manado dalam laporannya menyampaikan dalam kaitannya dengan pertanian, Kota Manado sendiri sebagai pusat perdagangan di provinsi Sulawesi Utara, memiliki luas wilayah 15.726 Ha dan luas lahan pertanian 9.934 Ha.

"Walaupun Kota Manado bukan daerah produksi penghasil komoditi pertanian, namun dengan luas lahan pertanian yang ada, terbuka peluang untuk mengoptimalkan lahan, guna meningkatkan produksi dan produktivitas berusaha tani dan menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ini dibuktikan tanaman pangan Kota Manado untuk tahun 2011 turut mengalami peningkatan dimana untuk padi lading produktivitas mencapai 3,1 ton/HA dengan penggunaan full teknologi", urai walikota.

Melihat potensi dan peluang yang ada, maka pemerintah kota Manado telah memprogramkan gerakan PNS menanam, di mana setiap SKPD sampai dengan kelurahan turut serta dalam gerakan menanam, dan program ini diarahkan guna merangsang masyarakat petani maupun masyarakat yang mempunyai lahan-lahan tidur untuk memanfaatkan lahan yang ada. Walikota mengharapkan agar PNS menjadi pioneer dalam kegiatan ini dengan memberi contoh dan motivasi kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan-lahan tidur yang masih banyak di Kota Manado.

Selanjutnya Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Djouhari Kansil, Kapolda SULUT, Brigjen (Pol) Drs. Dicky D. Atotoy, Danlanudsri Manado, Letkol Pnb Jorry Koloay, Danlantamal VIII Manado, Laksma Guguk Handayani serta Walikota Manado, GS Vicky Lumentut serta seluruh pimpinan SKPD di Kota Manado dan PNS serta Polisi yang hadir melakukan penanaman tanaman organik padi lading, jagung, cabe dan tomat secara simbolis di lokasi kegiatan. Demikian rilis yang diterima dari Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Manado.