Selasa, 24 April 2012 – 16:34 WITA Telah dibaca 600 kali

Kansil: Pemerintah Serius Tingkatkan Kualitas Perempuan dan Anak

Pemerintah Provinsi SULUT terus berupaya untuk dapat meningkatkan kualitas perempuan dan anak, perlindungan terhadap hak perempuan, perlindungan terhadap hak lansia, hak anak, serta pemantapan program pengawasan masyarakat terhadap perlindungan anak.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur SULUT DR Djouhari Kansil,Mpd saat membuka temu koordinasi sinergitas dan harmonisasi pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak tingkat provinsi dan kegiatan pelatihan teknis analisis gender dan penyuluhan gender budget statement, yang diselenggarakan Selasa (24/4) di ruang huyula kantor Gubernur oleh BP3A Provinsi SULUT.

"Sesuai dengan visi pemberdayaan perempuan dan anak SULUT, yakni terwujudnya kesetaraan keadilan gender dan perlindungan anak, menuju SULUT yang berbudaya dan berdaya saing, maka Pemprov mengambil dan melaksanakan program responsif gender", ujar Wagub.

Menunjang hal tersebut, pemerintah berupaya menjamin perlindungan hak perempuan dan anak, serta terus memperkuat kelembagaan dan jejaring kerja secara akuntabel. Subjek pembangunan meliputi pencapaian wajib belajar, kesetaraan gender, serta peningkatann kualitas kesehatan ibu melahirkan. Untuk itu pemerintah melaksanakan beberapa prioritas yakni perencanaan pembangunan responsive gender, standart pelayanan minimum tentang penanganan tindak pidana perdagangan orang, fasilitasi pembangunan kota layak anak.

Melalui pelaksanaan program tersebut, sudah dapat dilihat hasilnya, dimana meningkatnya perempuan menggunakan teknologi, khusus bidang kesehatan, langkah pemberdayaan perempuan mampu menekan angka kematian ibu menjadi 57 kasus. "Pemerintah juga serius dalam memerangi penyakit masyarakat seperti narkoba, traficking, mabuk dan seksm bebas, semua itu memerlukan kerjasama antar pihak terkait, guna lebih meningkatkan kualitas masyarakat yang sehat", ujar Wagub. Turut hadir dalam acara tersebut, Kaban BP3A provinsi SULUT Dra M palapa, Asdep gender dalam Iptek Kementrian P3A RI Drs Bambang Kristiono, Msi dan seluruh perwakilan BP3A kabupaten kota, BNP dan BKKBN se SULUT. (Kabag Humas Ch Sumampow, SH,MEd selaku jubir Pemprov)