Selasa, 17 April 2012 – 15:30 WITA Telah dibaca 740 kali

Kansil: SULUT Kehilangan Sosok Spektakuler

Suasana haru meliputi kantor Gubernur SULUT Selasa (17/4) siang, saat jenasah dari Almarhun Brigjen TNI (Purn) Anthon Tololiu Dotulong mantan Sekwilda Tingkat I Provinsi SULUT ini disemayamkan. Wajah dari seluruh pejabat Eselon II tak kuasa menahan sedih kehilangan satu sosok birokrat andalan SULUT. Siang itu, pihak Pemprov melaksanakan upacara pelepasan jenasah yang dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur SULUT DR Djouhari Kansil, MPd.

Dalam sambutanya, Kansil menyatakan SULUT kehilangan seorang sosok karismatik yang memiliki karya spektakuler bagi pembangunan SULUT. "Saat ini Pemprov dan masyarakat berada dalam keadaan duka karena kehilangan sosok karismatik, pekerja keras, pemimpin yang erat dengan kesantunan etika dan intergritas", kata Wagub.

Seluruh warga SULUT bangga atas apa yang sudah dikaryakan oleh almarhum selama mengabdi di daerah ini, masyarakat bisa menikmati hasilnya saat ini, diantaranya pembangunan kantor gubernur, bandara Sam Ratulangi, rumah sakit Prof Kandow dan jalan boulevard, pemerintah dan masyarakat menyampaikan rasa terima kasih, hormat yang tulus dan penghargaan yang setinginya kepada almarhum atas dharma bakti dan totalitas kehidupannya yang tidak hanya diabdikan bagi kepentingan sendiri, tapi juga bagi Bangsa dan daerah SULUT", ucap Wagub.

Sebelumnya pada pagi hari, Kansil bersama Isteri Ny. Mieke Kansil Tatengkeng bersama pejabat pemprov telah mengambil bagian dalam ibadah pelepasan Almarhum di rumah duka Jl. Diponegoro No. 93 Mahakeret Timur Lingk V Manado. Diketahui Almarhum meninggalkan isteri ibu Pendeta Selvie Sandra Oflagi,Mth, anak Jimmy Dotulong dan Jendra Dotulong, almarhum yang merupakan lulusan Susintelstrat 1977 Bandung, pernah meraih tiga kali gelar satya lencana kesetiaan, ketua BAPPEDA 1986, Sekwilda SULUT 1987 sampai 1991, Lemhanas RI tahun 1994, Staf ahli Bakin 1995.(Kabag Humas Ch. Sumampow, SH MEd selaku jubir Pemprov).