Minggu, 15 April 2012 – 17:58 WITA Telah dibaca 816 kali

Gubernur: Siswa SMA/SMK/MA SULUT Pasti Mampu Lulus UN

Sebanyak 15.744 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), 962 siswa Madrasah Aliyah (MA), dan 11.992 siswa SMK di Sulawesi Utara akan mengikuti Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012. Ujian nasional ini akan berlangsung serentak hari Senin 16 April 2012 di seluruh Indonesia termasuk di Sulawesi Utara dengan jadwal yang telah disusun dan berlaku secara nasional. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui dibawah koordinasi Dinas Pendidikan Nasional telah siap menggelar Ujian Nasional ini.

Semua naskah Ujian Nasional SMA/MA dan SMK telah terdistribusi ke Kabupaten/Kota se SULUT dan diserahkan kepada pihak Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang bertanggungjawab mendistribusikan ke sekolah-sekolah pelaksana Ujian Nasional. Selanjutnya sesuai dengan prosedur naskah disimpan di sekolah dengan pengawalan petugas Polsek atau langsung di Polsek terdekat apabila kondisi sekolah tidak memungkinkan untuk melakukan penyimpanan naskah dan nanti diambil pada saat pelaksanaan sesuai dengan jadwal mata pelajaran yang akan diujikan.

Gubernur Sulawesi Utara Dr. Sinyo Harry Sarundajang secara khusus menginstruksikan semua pihak yang akan terlibat dalam pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2012 ini untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan sesuai dengan Prosedur Operasional Standar yang telah ditetapkan. Jangan coba-coba melakukan tindakan yang dapat mengganggu pelaksanaan Ujian Nasional ini. Baik Pihak Dinas Pendidikan Provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, pihak sekolah, kepala sekolah, guru maupun tim pemantau independen diminta untuk bekerja sesuai dengan POS dan tidak melakukan tindakan yang menyalahi prosedur. Gubernur meyakini siswa kelas akhir SMA/MA dan SMK Sulawesi Utara mampu mengikuti dan mengisi soal-soal Ujian Nasional untuk kemudian Lulus dengan nilai yang baik.

Keyakinan Gubernur tersebut didasarkan pada upaya yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk membangun dan mengembangkan pendidikan serta meningkatkan mutu guru dan mutu pelaksanaan Proses Pembelajaran yang memungkinkan siswa siap mengikuti Ujian Nasional dan memiliki kualifikasi untuk lulus dan menjadi lulusan SMA/MA/dan SMK yang memiliki kompetensi dan berkualitas. Namun demikian Gubernur tetap berpesan kepada para siswa untuk mempersiapkan diri dengan baik, menjaga kesehatan dan tentunya tidak lupa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Direncanakan Gubernur akan membuka naskah Ujian Nasional di SMA Negeri 9 Manado, sedangkan Wakil Gubernur akan membuka naskah ujian di SMK Negeri 2 Manado dan Sekdaprov direncanakan di MA Negeri Manado di Tumumpa pada jam 07.45 Senin, 16 April 2012. (Kabag Humas Ch. Sumampow, SH.M.Ed selaku Jubir Pemprov SULUT).