Kamis, 12 April 2012 – 18:13 WITA Telah dibaca 827 kali

Onibala Buka Temu Teknis Penerapan E-KTP

Sebanyak 35 peserta yang terdiri dari Kabid yang menangani Kependudukan dan Administrator Data Base (ADB) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sepuluh Kabupaten/Kota se-SULUT, diberikan pembekalan dalam Temu Teknis berkaitan dengan Penerapan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), yang saat ini akan melakukan perekaman bagi warga wajib KTP di daerahnya masing-masing.

Hajatan yang digelar Biro Pemerintahan dan Humas Setda Provinsi SULUT, selama dua hari ini berlangsung di Hotel Sahid Kawanua Manado, Kamis (12/4), dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Mecky M Onibala, MSi.
Onibala mengatakan, Pelayanan e-KTP merupakan satu dari tiga program strategis nasional di bidang kependudukan yang ditetapkan pemerintah, disamping pemutahiran data kependudukan dan pemberian nomor induk kependudukan (NIK), yang intinya adalah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Karena itu dalam beberapa bulan terakhir ini, kita terus mengoptimalkan dan memantapkan penerapan e-KTP di sepuluh Kabupaten/Kota di SULUT, yang diharapkan dalam pelaksanaan dilapangan nanti bisa berjalan lancar, dalam artian seluruh warga wajib KTP bisa melakukan perekaman, ujarnya. Karena itu Onibala mengingatkan, kepada petugas ADB yang mengikuti kegiatan penting ini untuk dapat memahami setiap materi dengan baik, sehingga implementasinya dilapangan bisa berjalan lancar.

Karo Pemerintahan dan Humas Dr. Noudy RP. Tendean, SIP.MSi menyebutkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran dan fungsi serta kemampuan teknis aparat pemerintah Provinsi dalam membina aparat kabupaten/kota di bidang kependudukan dan pencatatan sipil.
Tendean menambahkan, pembicara utama dalam temu teknis kali ini yaitu Ir. Mohammad Masduki Kasubdit Pindah Datang Penduduk Antar Negara Direktur Pendaftaran Penduduk Ditjen Kependudukan dan Capil Depdagri. (Kabag Humas Ch. Sumampow, SH. MEd selaku jubir Pemprov).